Berita Regional Terkini

Bayi Ditinggalkan di Teras Bersama Secarik Surat, Begini Isinya

Seorang bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan di depan Panti Asuhan Assalam, Jalan Progo No 61 RT 005 RW 008 Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap.

Bayi Ditinggalkan di Teras Bersama Secarik Surat, Begini Isinya
KOMPAS.com/THINKSTOCK
Ilustrasi bayi dalam keranjang 

POS-KUPANG.COM | CILACAP - Seorang bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan di depan Panti Asuhan Assalam, Jalan Progo No 61 RT 005 RW 008 Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (23/9/2018).

Kapolsek Cilacap Tengah, Ajun Komisaris Aceng Rohman saat dikonfirmasi, Senin (24/9/2018) mengatakan, bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh Munzaroh (69), pengasuh panti asuhan sekitar pukul 20.55 WIB.

"Malam-malam saya mendengar suara tangisan bayi, lalu saya cari-cari dan ternyata setelah membuka pintu depan ada bayi yang tergeletak di sebuah kursi di ruang teras," kata Kapolsek seperti kesaksian Munzaroh.

Baca: 8 Orang Ditetapkan Jadi Tersangka dalam Kasus Pengeroyokan di GBLA

Acen menuturkan, bayi yang diduga berusia 7 hari tersebut ditemukan dalam kondisi terbalut selimut. Di sebelah bayi tersebut ditemukan botol susu dan beberapa helai baju bayi yang terbungkus kantung plastik putih.

Selain itu, petugas juga menemukan secarik surat yang diduga dibuat oleh orang tuanya. Surat tersebut bertuliskan: Tolong rawat anak ini dengan baik, saya akan mengambilnya 5-7 tahun ke depan dan saya akan memberikan imbalan yang setimpal," katanya.

Baca: Ridwan Kamil Minta Warga Tak Sebarkan Video Pengeroyokan di Stadion GBLA

Setelah mengamankan semua barang bukti, petugas kepolisian langsung membawa bayi malang tersebut ke RSUD Cilacap untuk mendapat perawatan intensif.

Dari hasil pemeriksaan dokter, bayi berjenis kelamin laki-laki itu memiliki bobot 2,8 kilogram dan tinggi 48 sentimeter.

"Bayi berusia kurang lebih 7 hari ini juga dalam kondisi demam, kemungkinan karena kurang asupan ASI. Diluar itu, dokter tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan," ujarnya.

Untuk mencari keberadaan orang tua bayi, pihak Polsek Cilacap Tengah terus melakukan pengecekan data warga masyarakat yang melahirkan di Puskesmas atau Klinin Kesehatan di sekitar wilayah Cilacap Tengah.

"Kami masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui identitas orang tua bayi," pungkas Kapolsek. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help