Berita Kabupaten TTU

Cakupan Imunisasi MR di TTU Capai 100,03 Persen

Kabupaten TTU salah satu kabupaten di Provinsi NTT yang cakupan imunisasi Measles Rubella (MR) telah mencapai 100,03 persen.

Cakupan Imunisasi MR di TTU Capai 100,03 Persen
POS KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Robertus Tjeunfin, S.Kep,. Ns,. MPH

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KUPANG-Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) merupakan salah satu kabupaten di Provinsi NTT yang cakupan imunisasi Measles Rubella (MR) telah mencapai 100,03 persen.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Robertus Tjeunfin, S.Kep,. Ns,. MPH kepada Pos Kupang di Kefamenanu, Minggu (16/9/2018).

Baca: Gubernur Vicktor Janji NTT Jadi Punyambang Garam Nasional 2019

Baca: Gempa Bumi Kembali Guncang Sumba Timur-NTT

Baca: Lazim Djati Raih Emas Nomor Bergengsi Randori 65kg

Robertus mengatakan, cakupan imunisasi MR di Kabupaten TTU telah mencapai progres yang cukup bagus dan mendapatkan rengkin pertama tertinggi tingkat provinsi NTT.

" Kalau untuk tingkat nasional Kabupaten TTU masuk dalam 95 club. Artinya ada 95 kota kabupaten yang ada di Indonesia sudah mencapai 95 persen. Dan TTU merupakan satu-satunya kabupaten yang masuk dalam cakupan tersebut," ungkap Robertus.

Robertus menjelaskan, rata-rata dari 26 puskesmas yang ada di Kabupaten TTU, hampir semua puskesmas sudah 100 persen. Meskipun ada beberapa puskesmas yang wilayah kerja luas dan scakupan imunisasinya banyak, namun progresnya terus meningkat.

Robertus mengungkapkan, strategi yang dipakai dalam melakukan imunisasi MR di TTU yakni dengan melibatkan semua elemen baik yang berada di tingkat kabupaten maupun para petugas yang berada di puskesmas.

"Kepala dinas, dan kami semua juga turut memantau dan mendorong agar mempercepat untuk melakukan kegiatan imunisasi MR di puskesmas," ungkap Robertus.

Robertus menambahkan, pelaksanaan imunisasi MR di Kabupaten TTU sempat menurun drastis pada dua minggu sebelumnya. Pada saat itu Kabupaten TTU jatuh pada rengking ke 18 dari 22 Kabupaten Kota yang ada di NTT.

"Dua minggu setelah itu, kami terus mendorong untuk meningkatkan cakupan, dan bahkan sampai hari ini sudah mencapai 100,03 persen," tambah Robertus.

Robertus menyatakan, kerjasama lintas sektor merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan imunisasi MR di Kabupaten TTU sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

Menurut Robertus, ada isu yang berkembang mengenai vaksin MR yang mengandung enzim babi sehingga memperlambat pelaksanaan imunisasi. Namun setelah dikeluarkan fatwa MUI, pihaknya terus mendorong puskesmas untuk terus memberikan imunisasi kepada anak-anak.

Robertus mengatakan, pihaknya juga memastikan bahwa tidak ada satu orang anak pun di Kabupaten TTU tidak lolos diimunisasi MR. Hal itu dilakukan supaya dapat memastikan semua anak-anak di Kabupaten TTU dapat hidup dengan sehat. (*

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help