Berita NTT

Semua Izin Tambang Mineral di NTT Dicabut

usaha tambang telah membuat wajah NTT menjadi bopeng. Usaha tambang tidak layak dilakukan di NTT sebab pulau ini kecil

Semua  Izin  Tambang Mineral  di  NTT Dicabut
pos kupang.com, oby lewanmeru
Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi. 

Laporan  Wartawan   Pos-kupang.com,  Eginius Moa

POS-KUPANG.COM, MAUMERE---Janji  Gubenur dan  Wakil Gubernur NTT, Viktor  Laiskodat dan  Josef  Nae  Soi,  mencabut   izin  usaha semua  jenis   tambang mineral segera dilakukan  ketika  mereka sudah  beraktivitas.  Tidak  ada toleransi  untuk  izin  usaha  pertambangan.

“Izin yang sudah  ada  dan masih berlaku akan  kami  cabut. Izin  yang sementara  proses akan  dihentikan. Seberapa  banyak,  saya  akan akan  panggil kadisnya  (pertambangan)  kalau sudah  masuk kerja,” tegas   Josef kepada  wartawan  ketika   melakukan  kunjungan pribadi kepada  Uskup Maumere, Mgr. Gerulfus  Kherubim Parera, SVD,  Sabtu   (8/9/2018) di Pulau  Flores. 

Baca: Markas Polres Kupang Kota Jadi Wilayah Bebas Korupsi

Baca: Ramalan Zodiak, Apa Yang Akan Kamu Alami Sepanjang Bulan September 2018?

Baca: LIVE STREAMING : Sanggar Moramasa Asal Ngada Sambut Gubernur Laiskodat dan Wagub Soi di DPRD NTT

Baca: 2.554 Atlet Rebut 1.650 Medali dalam Porprov NTT 2018

Ia   belum  tahu  jenis  usaha  tambang mineral. Sempat didengarnya  ada  usaha  tambang  mangan dan  tambang besi. 

Menurut Josef, usaha  tambang  telah  membuat wajah   NTT menjadi  bopeng.  Usaha tambang  tidak  layak dilakukan di NTT, sebab pulau  ini kecil tak seperti  Pulau  Kalimantan. 

“Wajah kita  (pulau)  ini  sudah  cantik, tidak  boleh  rusak  lagi. Tambang bikin  bopeng wajah kita.   Kalau  sudah  bopeng, dikasih bedak  berulang  kali tetap  bopeng. Kita  akan kosentransi pada pariwisata,” kata  Josef.

Josef mengakui  keputusan pencabutan  izin  usaha pertambangan  akan mengundang perlawan yang keras  dari  para  pemilik  usaha.Gugatan ke  pengadilan akan dilakukan oleh pengusaha  yang dirugikan usahanya.

“Kami  tidak disukai  ketika kami putuskan untuk kembali ke NTT.  Tidak  apa-apa,  yang penting  rakyat suka  kami. Tidak perlu  pengusaha atau  aparat  yang suka  kami,” tandas  Josef.

Dukung Moratorium

Halaman
1234
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help