Berita Kabupaten TTS

Ketua Divisi Teknis KPU RI Lakukan Supervisi Pelaksanaan Perhitungan Suara Ulang

Ketua Divisi Teknis KPU RI, Ilham Saputra, Kamis ( 6/9/2018) siang tiba di kantor KPU Kabupaten TTS guna melakukan supervisi

Ketua Divisi Teknis KPU RI Lakukan Supervisi Pelaksanaan Perhitungan Suara Ulang
POS KUPANG/DION KOTA
Ketua Divisi Teknis KPU RI, Ilham Saputra sedang memantau proses perhitungan suara ulang Pilbup TTS di kantor KPU Kabupaten TTS 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM|SOE -– Ketua Divisi Teknis KPU RI, Ilham Saputra, Kamis ( 6/9/2018) siang tiba di kantor KPU Kabupaten TTS guna melakukan supervisi terhadap pelaksanaan perhitungan suara ulang Pemilihan bupati ( Pilbup) TTS.

Kehadirannya untuk memastikan jika KPU bersama Bawaslu Kabupaten TTS telah melaksanakan perhitungan suara ulang sesuai perintah Mahkamah Konstitusi ( MK) 29 Agustus lalu.

Pantauan pos kupang, tiba di kantor KPU Kabupaten TTS, Ilham langsung disambut para komisioner KPU Kabupaten TTS dan sekertaris KPU Kabupaten TTS, Marcel Taneo.

Ilham disambut secara adat dengan dikalungi selendang khas TTS. Usai melakukan acara penerimaan, Ilham langsung memantau proses perhitungan suara ulang.

" Saya lihat jika pelaksanaan perhitungan suara ulang sudah sesuai perintah MK. Seperti dilakukan secara terbuka, dihadiri para saksi, ditempat terang dan dapat disaksikan oleh publik," ujarnya.

Terkait temuan dalam perhitungan suara ulang, Ilham mengatakan, akan dipisahkan sesuai amar putusan MK. Temuan tersebut akan dimuat dalam formulir kejadian khusus dan dilaporkan ke MK. Terkait C1 plano dan C1 KWK yang tidak berhologram, Ilham menegaskan data tersebut tidak sah dan akan dilaporkan ke MK.

" Kalau ada formulir C1 KWK atau C1 plano yang tidak berhologram maka itu tidak sah. Kita akan muat hal tersebut dalam berita acara dan disampaikan ke MK. Kesalahan itu mungkin saja merupakan kehilafan dari anggota kami," sebutnya. ‎

Dirinya mempersilakan pemohon untuk membawa temuan tersebut ke DKPP. Ia mengaku siap untuk melakukan pembuktian dugaan pelanggaran kode etik tersebut di hadapan DKPP. Biarkan DKPP yang akan memutuskan hasil.

Dirinya juga memberikan apresiasi atas pelaksanaan perhitungan suara ulang dimana berlangsung dengan aman dan lancar.

" Saya berikan apresiasi kepada seluruh komponen yang telah bekerja keras menyukseskan pelaksanaan perhitungan suara ulang Pilbup TTS sehingga berjalan dengan aman dan lancar. Kita targetkan, tanggal 13 laporan kita terkait perhitungan suara ulang sudah kita sampaikan ke MK, " pungkasnya. ( *)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved