Berita Kota Kupang

Ini Jumlah Produk Ikan Tangkap di NTT

Sampai dengan saat ini produksi ikan tangkap di Provinsi NTT sebesar 38 persen atau baru 41.000 ton

Ini Jumlah Produk Ikan Tangkap di NTT
POS KUPANG / OBY LEWANMERU
‎Kabid ‎Perikanan Tangkap, ‎Ernes D Hamel.S.PI, M.Si (tengah) memberi sambutan sosialisasi dan percepatan input data penerima Bantuan Presmu Asuransi Nelayan (BPAN) di Lantai II Aula Kantor DKP NTT, Kamis (6/9/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM|KUPANG-- Sampai dengan saat ini produksi ikan tangkap di Provinsi NTT sebesar 38 persen atau baru 41.000 ton. Jumlah ini belum mencapai target, yakni 180.000 ton per tahun.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTT, Ganef Wurgiyanti melalui Ketua Panitia Sosialisasi dan percepatan input data Penerima Bantuan Presmi Asuransi Nelayan (BPAN), Siprianus Seru, Kamis (6/9/2018).

‎Acara sosialisasi ini dibuka oleh Kabid Perikanan Tangkap, ‎Ernes D Hamel.S.PI, M.Si

Acara ini berlangsung di Lantai II Aula Kantor DKP NTT dan dihadiri‎ Kasi Perlindungan Nelayan dari Dirjen Perikanan Tangkap, KKP RI, Dicky Darmawan, para verifikator dari kabupaten dan kota, pihak OJK dan undangan lainnya.

Menurut Siprianus, ‎produk ikan tangkap saat ini baru 38 persen atau baru 41.000 ton ‎, sementara target sebanyak 180 ribu ton per tahun.

"Sedangkan, ko‎nsumsi ikan di NTT baru 20 kg/kapita pada tahun 2017. Ini juga masih rendah," kata Siprianus.

Dijelaskan, upaya peningkatan kedaulatan pangan melalui pelaku usaha perikanan dan kelautan perlu mendapat perhatian.

"Upaya nelayan untuk meningkatkan taraf hidup, masih dipengaruhi oleh, musim, gelombang laut. Karena itu, harus ada jaminan berupa asuransi," katanya.

Dikatakan, dengan banyaknya risiko yang dialami para nelayan, maka sa‎lah satu upaya pemerintah untuk perlindungan nelayan, yakni pemberian asuransi bagi nelayan.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help