Berita Kabupaten TTS

Paket Naitboho-Kase Mengamuk Usai Pleno Perhitungan Suara Ulang

Pasangan calon bupati dan wakil bupati TTS, Obed Naitboho dan Alex Kase mengamuk usai perhitungan suara ulang

Paket Naitboho-Kase Mengamuk Usai Pleno Perhitungan Suara Ulang
POS KUPANG/DION KOTA
Nampak suasana tegang pasca pemilihan suara ulang Pilbup TTS, akibat protes yang diajukan paket Naitboho - Kase yang menuntun berita acara harus dibuat walaupun KPU Kabupaten TTS belum selesai ‚Äémelakukan perhitungan suara ulang di 921 TPS 

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POS-KUPANG.COM|SOE -– Pasangan calon bupati dan wakil bupati TTS, Obed Naitboho dan Alex Kase mengamuk usai perhitungan suara ulang di kantor KPU Kabupaten TTS, Selasa ( 4/9/2018) malam.

Keduanya mengamuk lantaran KPU Kabupaten TTS dan Bawaslu Kabupaten TTS tidak membuat berita acara perhitungan suara ulang. Kedua menuntut agar KPU Kabupaten TTS membuat berita acara hasil perhitungan suara ulang yang memuat temuan dari hasil perhitungan suara ulang.

" Ini ada apa? Kenapa KPU dan Bawaslu Kabupaten TTS mati-mati tidak mau membuat berita acara perhitungan suara ulang hari ini. Hasil temuan ada begitu banyak kenapa tidak mau dibuat berita acara, apakah mereka mau mengubah hasil temuan ini. Saya minta harus dibuat berita acara perhitungan suara ulang hari ini," ujar calon wakil bupati TTS, Alex Kase sambil menujuk ke arah komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten TTS.

Geram dengan hal tersebut, Paket Naitboho - Kase mengancam akan melakukan walk out jika pihak KPU dan Bawaslu Kabupaten TTS bersih keras tidak mau mebuat berita acara. Paket dengan nomor urut dua ini mengancam akan membawa masalah tersebut ke MK.

" Hari ini dilakukan perhitungan suara ulang karena pihak MK memangkan gugutan kami. Dan sesuai perintah MK, usai perhitungan suara harus dikuatkan berita acara yang ditandangi di depan pemohon. Jadi kalau KPU dan Bawaslu Kabupaten TTS tidak mau membuat berita acara akan kami Adukan ke MK.

Ketika disinggung terkait hasil perhitungan suara ulang hari ini, Alex Kase enggan mengomentari hal tersebut. Dirinya beralasan baru mau mengomentari jika proses perhitungan suara sudah selesai.

" Hari ini belum selesai proses perhitungan suara ulang jadi saya belum bisa komentar. Nanti kalau sudah selesai baru saya komentar," ujarnya sambil berlalu dari Awak Media.

Berbeda dengan paket Naitboho - Kase, paket Tahun-Konay justru tampil santai dan terus menebarkan senyuman selama proses perhitungan suara ulang berlangsung. Calon Bupati TTS, Epy Tahun selaku pihak terkait mengatakan, berdasarkan hasil pantaunnya 99 persen angka hasil perhitungan suara ulang sama dengan pleno tingkat kabupaten lalu.

Oleh sebab itu, dirinya optimis hasil perhitungan suara ulang tidak akan mengubah hasil pleno kabupaten dimana paket Tahun-Konay menjadi bupati terpilih Kabupaten TTS.

" Hasilnya tidak ada perubahan, semua angkanya sama dengan pleno tingkat kabupaten lalu. Saya berani klaim jika paket Tahun-Konaylah yang menjadi bupati dan wakil bupati TTS terpilih," tegasnya.

Dari hasil perhitungan ulang lanjut Epy, perolehan suara paket Tahun-Konay mengalami kenaikan dan paket Naitboho - Kase mengalami penurunan jika dibandingkan dengan data versi pemohon (paket Naitboho - Kase) . Oleh sebab itu, dari hasil perhitungan suara ulang menunjukan ada oknum yang sengaja merupa formulir C1 saksi paket Naitboho - Kase.

" hasil hari ini menunjukan jika data versi paket Naitboho - Kase yang dijadikan dasar dalil gugutan tidak sama dengan hasil perhitungan suara ulang. Ini ada apa? Berarti formulir model C1 saksi paket Naitboho - Kase sengaja menaikan angka paket Naitboho - Kase dan menurunkan perolehan suara paket Tahun-Konay. Sekarang yang harus dicari tahu siapa yang melakukan hal tersebut," tanya Epy dengan nada tegas. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved