Berita Kabupaten Manggarai Barat

Padi Sawah irigasi Lembor Mulai Menguning

Awal September 2018 ada sawah di lembor yang tanaman padinya mulai menguning. Beberapa bagian padi sedang berbunga dan sebagian

Padi Sawah irigasi Lembor Mulai Menguning
pos kupang.com, servan mamilianus
Salah satu bagian areal persawahan daerah irigasi Lembor. 

Laporan Reporter POS--KUPANG.COM Servatinus Mammilianus

 POS--KUPANG.COM, LABUAN BAJO-Awal September 2018 ini, sudah ada beberapa bagian dari sawah irigasi lembor yang tanaman padinya mulai menguning. Pada beberapa bagian lainnya sedang berbunga dan sebagian lainnya masih dalam proses pertumbuhan.

“Di wilayah Raminara padinya sudah mulai menguning. Sedangkan di Wongko Torok sedang bunting dan berbunga,” kata Ketua Gabungan Perkumpulan Petani Pengelola Air (P3A) Wongko Torok Lembor, Mikhael Kaus, kepada POS--KUPANG.COM, Rabu (5/9/2018).

Baca: Kuota CPNS ST Tunggu Hasil Rapat Dengan Menpan

Pada Musim Tanam (MT) kedua tahun 2018 ini kata dia, kesulitan yang dialami sama seperti MT kedua tahun sebelumnya, yaitu debit air irigasi berkurang karena musim kering berlangsung cukup lama.

“Petani cukup terbantu dengan sistim pembagian air secara terjadwal. Sehingga walaupun debit air berkurang tetapi setiap lahan bisa mendapatkan pasokan air irigasi secara terjadwal,” kata Mikhael.

Sampai saat ini kata dia, hujan belum pernah mengguyur Lembor sejak MT kedua berlangsung, berakibat pada belum membaiknya volume air irigasi.

Selain air, pupuk masih dibutuhkan oleh petani untuk tanaman padinya. Kondisi sekarang, stok pupuk masih cukup untuk memenuhi kebutuhan tanaman padi di sawah irigasi tersebut.

Namun diharapkan agar pemerintah tetap mengantisipasi agar jangan sampai terjadi kesulitan pupuk subsidi bagi para petani, termasuk petani sawah irigasi di Lembor.(*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved