Berita Nasional

Prabowo Sindir Utang, JK Bilang yang Penting Bisa Bayar

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, persoalan utang bukan sekedar besaran, namun juga kemampuan membayarnya.

Prabowo Sindir Utang, JK Bilang yang Penting Bisa Bayar
KOMPAS.com/MOH NADLIR
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla ketika memberikan keterangan pers di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (5/6/2018). 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, persoalan utang bukan sekedar besaran, namun juga kemampuan membayarnya.

Hal itu disampaikan oleh Kalla saat ditanya ihwal kritik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menyebut utang RI naik Rp 1 triliun setiap hari.

"Jadi bukan soal Rp 1 trilliun, mampu kita bayar tidak? Sama dengan perusahaan. Oleh karena itu maka sekarang ini ya kita mampu membayarnya," ujarnya di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Baca: KPU dan Bawaslu Siap Jalankan Putusan MA soal Caleg Eks Koruptor

Kalla mengatakan, pemerintah tidak menghitung pertumbuhan jumlah utang per hari, namun perhitungan itu dilakukan per tahun.

Ia menyebutkan, bisa saja jumlah utang RI bertambah lebih dari Rp 200 triliun per tahun.

Namun Kalla menegaskan, utang bukan hanya soal jumlah. Menurut dia, tak masalah bila utang tersebut bisa dilunasi oleh pemerintah.

"Selama kita bisa bayar, bukan urusan triliunnya, bisa bayar tidak? Kita bisa bayar. Berbeda dengan negara kayak Venezuela, tidak bisa bayar," kata Kalla.

Menurut Kalla, semua negara yang ingin membangun membutuhkan dana. Sementara itu bagi negara yang tak memiliki modal banyak, maka solusinya yakni dengan berutang.

Kalla menegaskan, negara yang berutang tak hanya Indonesia. Negara maju seperti Amerika dan Jepang pun juga berutang.

"Kita karena kita tidak cetak duit terlalu banyak karena tidak laku di luar negeri, maka kita minjam dari world bank dari perbankan-perbankan, itu biasa saja. Jumlahnya itu relatif tergantung kemampuan," ucap Kalla.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help