Berita Lifestyle

10 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Kurang Tidur

Kurang tidur bisa mendatangkan malapetaka, karena kita akan selalu merasa mengantuk, kurang energi, dan konsentrasi menurun.

10 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Kurang Tidur
KOMPAS.com/Tomwang112
Ilustrasi kurang tidur 

POS-KUPANG.COM - Kurang tidur bisa mendatangkan malapetaka, karena kita akan selalu merasa mengantuk, kurang energi, dan konsentrasi menurun.

Selain itu, gejala mudah lupa, dan suasana hati yang memburuk kerap mendera. Kondisi semacam ini harus diperbaiki dengan mengubah gaya hidup. Misalnya dengan mengurangi kafein dan alkohol, makan makanan sehat, dan berolahraga.

Selain itu, ada hal-hal tertentu yang tidak boleh dilakukan ketika kita sedang dalam kondisi kurang tidur.

Laman Meetdoctor merangkum 10 hal yang tidak boleh dilakukan ketika kita kurang tidur.

1. Jangan minum terlalu banyak kopi
Minum beberapa cangkir kopi sepanjang hari, tidak akan membuat kita berenergi. Sebaliknya, terlalu banyak kopi hanya akan membuat kita merasa lelah dan semakin tidak nyaman.

Ini menyebabkan tingkat energi kian menurun. Sebab, ketika minum kopi, kafein bertahan di perut hingga lima jam. Sehingga, jika kita kembali meminum kopi lagi, hal itu akan memengaruhi kualitas tidur di malam selanjutnya.

2. Jangan berolahraga dengan intensitas berlebih
Bekerja membutuhkan energi; tetapi jika kita berlebihan dalam berolahraga, maka otot-otot akan mengalami kelelahan.

Sebagai gantinya, kita bisa mengikuti latihan yang lebih ringan. Misalnya bersepeda, yang tidak akan menyebabkan kram otot atau cidera. Meluapkan energi saat beraktivitas di pusat kebugaran pun akan memperburuk rasa lelah.

3. Hindari tidur siang yang terlalu panjang
Tidur siang yang panjang bukanlah ide yang baik, karena tidur terlalu lama di siang hari membuat kita lebih sulit tidur di malam selanjutnya. Ini akan membuat kita lelah di keesokan harinya. Tidur siang dapat dilakukan selama 20-30 menit saja, tetapi tidak boleh lebih lama dari itu.

4. Jangan menyimpang dari waktu tidur normal
Ketika lelah, jangan menunda tombol alarm, karena dapat mengganggu siklus tidur dan kualitas tidur selanjutnya. Jika kita tidur 30 menit lebih lama dari waktu normal, itu akan mengganggu jam tubuh.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help