Berita Regional

Sebar Ujaran Kebencian terhadap Agama, Oknum Polisi Ini Ditangkap

Lewat Facebook miliknya, oknum polisi berinisial Aipda SP menyebarkan ujaran kebencian terhadap agama.

Sebar Ujaran Kebencian terhadap Agama, Oknum Polisi Ini Ditangkap
KOMPAS.COM
Ilustrasi ditangkap polisi 

POS-KUPANG.COM | MEDAN - Lewat Facebook miliknya, oknum polisi berinisial Aipda SP menyebarkan ujaran kebencian terhadap agama.

Postingannya memancing emosi dan menyinggung perasaan umat. Akibatnya, SP yang bertugas di satuan Sabhara Polres Asahan ini ditangkap pada Kamis (23/8/2018) malam.

"Pelaku kita tahan dan tengah menjalani pemeriksaan pidana dan kode etik profesi " kata Kapolres Asahan AKBP Yemi Mandagi, Jumat (24/8/2018).

Baca: Polisi Buru 2 Tersangka Pembunuh Bripka Faisal

Diceritakannya, postingan pertama pelaku dilakukannya pada Selasa (21/8/2018). Begitu ada reaksi dari netizen, dia langsung menghapus dan menyampaikan permintaan maaf.
"Sayangnya sudah ada yang capture, lalu membuat laporan. Siapapun pelakunya, kita tindak tegas, walau anggota saya sendiri. Saya akan usulkan dipecat," tegas Yemi.

Sementara Kasat Reskrim Polres Asahan AKP Arif mengungkapkan motif pelaku melakukan perbuatannya. Dugaan awal adalah dendam karena dirinya melihat postingan orang lain yang menyinggung agamanya.

"Proses hukum masih berjalan, beberapa saksi ahli sudah dipanggil dan menyita barang bukti," ucap Arif.

Katanya lagi, pelaku diancam pidana enam tahun penjara karena melanggar Pasal 45 A ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2008 jo Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 16 Pasal 4 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis subsider Pasal 156a KUHPidana.

"Kita tidak tebang pilih, semua perbuatan yang bisa mengancam ketertiban masyarakan akan diproses sesuai hukum yang berlaku," pungkas Arif. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved