Berita Internasional

Berusia 117 Tahun, Perempuan Bolivia Ini Berpeluang Jadi Orang Tertua di Dunia

Julia Flores Colque masih mampu bernyanyi penuh sukacita dalam bahasa Quecha. Dia bahkan masih mampu memetik Charango, gitar bersenar lima

Berusia 117 Tahun, Perempuan Bolivia Ini Berpeluang Jadi Orang Tertua di Dunia
KOMPAS.com/ABC News
Julia Flores Colque (117) 

POS-KUPANG.COM | LA PAZ - Julia Flores Colque masih mampu bernyanyi penuh sukacita dalam bahasa Quecha. Dia bahkan masih mampu memetik Charango, gitar bersenar lima alat musik khas warga Pegunungan Andes.

Apa istimewanya? Semua kegiatan Julia Flores menjadi istimewa karena perempuan ini sudah berusia 117 tahun.

Di umurnya yang amat panjang, Julia sudah mengalami banyak hal yang oleh banyak orang hanya menjadi catatan sejarah.

Baca: Deddy Mizwar Siap Jadi Juru Bicara Kampanye Jokowi-Maruf Amin

Julia melewati dua kali perang dunia, revolusi Bolivia, dan perubahan Sacaba, desa tempat tinggalnya menjadi sebuah kota.

Di masa muda Julia, Sacaba hanyalah sebuah desa sepi berpenduduk 3.000 orang. Dan hanya dalam waktu kurang dari 50 tahun sudah menjadi kota dengan 175.000 orang penghuni.

Berdasarkan kartu tanda penduduknya, Julia Flores lahir pada 26 Oktober 1900 di sebuah kamp pertambangan di pegunungan Bolivia.

Berusia nyaris 118 tahun, Julia Flores berpeluang menjadi perempuan tertua di dunia setelah "juara bertahan" Nabi Tajima asal Jepang meninggal dunia awal tahun ini dalam usia 117 tahun.

Sayangnya Guinness World Records mengatakan, tidak menerima aplikasi terkait Julia Flores dan perempuan ini juga tak peduli soal pemecahan rekor ini.

Akte kelahiran Julia Flores tidak tercatat di Bolivia sampai 1940 . Sebelumnya, bukti kelahirannya hanya berdasarkan surat baptis dari Gereja Katolik.

Dalam kesehariannya, perempuan super tua ini hidup bersama beberapa hewan peliharaanya seperti anjing, kucing, dan ayam jantan.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved