Berita Flores Timur

Ini Tujuan Dilaksanakannya Konser di Embung Lewokluok Demon Pagong Flotim

Konser akustik di embung Lewokluok Kecamatan Demon Pagong Flores Timur Sabtu terselenggara atas inisiatif Komunitas Pariwisata Demon Pagong.

Ini Tujuan Dilaksanakannya Konser di Embung Lewokluok Demon Pagong Flotim
pos kupang.com, feliks janggu
KONSER - Trada Band yang dipimpin Iwan Asan tampil di panggung akustik Embung Lewokluok Sabtu malam (18/8/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM|LARANTUKA- Konser akustik di embung Lewokluok Kecamatan Demon Pagong Flores Timur Sabtu (18/8/2018) terselenggara atas inisiatif Komunitas Pariwisata Demon Pagong.

Komunitas ini bekerja sama dengan Air Hidup, pemerintah kecamatan dan tujuh desa di Kecamatan Demon Pagong.

Baca: Bupati Flotim Ingin Sekolah Contohi SDK Lewokluok Berseragam Kain Tradisional

Ketua Komunitas Pariwisata Demon Pagong Silvester Kabelen kepada POS-KUPANG.COM di sela konser menjelaskan tujuan konser yakni mengangkat potensi wisata embung Lewokluok jadi salah satu tujuan wisata di Flotim.

Sil Kabelen mengatakan banyak orang belum tahu keberadaan embung Lewokluok. Padahal tempat itu sangat potensial jadi tujuan wisata.

Kata Sil Kabelen, Lewokluok telah ditetapkan jadi desa wisata dan mempunyai tradisi unik dikenal dengan nama Koko Bale, tradisi pembuatan rumah adat.

Lewokluok juga memiliki tenun ikat tradisional yang sangat khas. Selain motifnya yang khas, kain tenun ikat juga ditambah aksesoris dari siput yang dijahitkan pada kain.

Dalam setiap upacara adat, perempuan wajib mengenkan kain Senui dengan aksesoris Kriot Kringe. Sementara laki-laki mengenakan baju Senui dan bawaan Senai.

Dengan konser akustik itu harap Sil Kabelen, embung Lewokluok semakin dikenal dan juga mempercepat penataan oleh masyarakat dan pemerintah.

"Dengan kegiatan ini kita mau ajak orang muda untuk sadar wisata bahwa kita punya potensi. Bagi kita mungkin biasa saja, tapi bagi wisatawan asing ini luar biasa," kata Sil Kabelen.

Harap Kabid Promosi Wisata pada dinas Pariwisata Flotim itu, penataan destinasi wisata di desa dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Selain embung Lewokluok, Komunitas Pariwisata Demon Pagong juga telah mengangkat potensi wisata masyarakat Lewomuda dengan digelarnya mancing ikan tradisional pekan lalu. (*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved