Berita Provinsi NTT

Desa di Pulau Sumba Dapat Bantuan Dana Rp 3,9 Miliar

Kementerian PUPR menganggarkan dana Rp 3,9 miliar untuk pembangunan irigasi di sejumlah desa di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Desa di Pulau Sumba Dapat Bantuan Dana Rp 3,9 Miliar
Sigiranus Marutho Bere/Kompas.com
Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis, saat meninjau pembangunan jalan menuju obyek wisata Nihiwatu di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (9/8/2018). 

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Ketua Komisi V DPR RI, Fary Djemi Francis mengatakan, Direktorat Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan dana Rp 3,9 miliar untuk pembangunan irigasi di sejumlah desa di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Fary, dana sebesar itu akan dibagikan ke petani di 20 desa di tiga kabupaten yakni Sumba Barat Daya, Sumba Barat serta Sumba Tengah.

"Setiap desa terdapat satu sampai tiga kelompok. Setiap kelompok mendapatkan anggaran Rp 195 juta, guna membangun irigasi untuk membantu para petani," sebut Fary saat meninjau progres pembangunan ruas jalan akses Nihiwatu di Sumba Barat, Jumat (10/8/2018).

Baca: Pria Ini Mengakui Rekam 34 Perempuan yang Sedang Mandi

Saat menyampaikan hal itu, Fary didampingi Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole dan Kepala Balai Sungai Wilayah Nusa Tenggara II, Agus Sosiawan.

"Bantuan yang diberikan ini merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat desa," imbuh Fary.

Sejumlah kelompok petani yang sudah memanfaatkan anggaran itu, nantinya akan mengikuti program pemberdayaan masyarakat. Namun, bagi yang tidak menghasilkan karya, secara otomatis bantuan akan disetop pada anggaran 2019.

"JIka ada kelompok yang berhasil akan diberi hadiah. Hadiahnya adalah akan kembali melanjutkan program tersebut," kata Fary. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help