Berita Kota Kupang

Robert Simbolon Berharap Semua Sasaran Diimunisasi Measles Rubella

Pejabat Gubernur Provinsi NTT, Robert Simbolon mengatakan dengan adanya kampanye imunisasi measles rubella (MR)

Robert Simbolon Berharap Semua Sasaran Diimunisasi Measles Rubella
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon foto bersama perwakilan siswa/siswi SD usai diimunisasi di Halaman SMPK Santa Theresia Kupang, Rabu (1/8/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pejabat Gubernur Provinsi NTT, Robert Simbolon mengatakan dengan adanya kampanye imunisasi measles rubella (MR) yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTT, diharapkan semua sasaran dapat diimunisasi oleh para petugas.

" Dengan kampanye imunisasi MR ini, diharapkan kejadian campak dan rubella yang dalami masyarakat dapat menurun dan cacat bawaan pada bayi baru lahir juga menurun," kata Robert pada acara pencanangan kampanye dan introduksi imunisasi measles rubella di Halaman SMPK Santa Theresia Kupang, Rabu (1/8/2018).

Baca: Wiranto Pastikan Indonesia-Malaysia Percepat Penyelesaian Masalah Perbatasan

Robert mengatakan, pemerintah selalu berupaya memberikan perhatian kesehatan kepada masyarakat secara komprehensif, bermutu, dan terjangkau bagi masyarakat termasuk pelayanan imunisasi.

" Dimasa lal, kita telah berhasil mewujudkan masyarakat terbebas dari tiga penyakit yaitu penyakit cacat, polio dan tetanus. Dimasa yang akan datang kita harus terbebas dari berbagai penyakit agar kita tidak tertinggal dari bangsa-bangsa lain," ungkap Robert.

Oleh karena itu, ungkap Robert, upaya promotif dan prefentif termasuk program imunisasi, peningkatan status gizi masyarakat dan program lingkungan sehat harus diutamakan.

" Upaya ini dilakukan supaya jumlah orang sakit menurun dan berkaitan dengan penurunan jumlah orang berobat di fasilitas kesehatan sehingga pembiayaan kesehatan semakin efesien," ungkap Robert.

Menurut Robert, pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat harus dijalankan agar berbagai masalah kesehatan semakin menurun.

Menurut Robert, pencanangan imunisasi MR merupakan moment yang sangat penting untuk berbagai tantangan dan membuat komitmen bersama, meningkatkan tekad dan semangat kepada semua untuk lebih memberikan makna kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan.

" Semangat melayani, semangat menggerakan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat semangat untuk memandirikan dan memberdayakan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya," ucap Robert.

Robert menegaskan, pembangunan kesehatan masyarakat merupakan salah satu unsur sangat penting dalam peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). Oleh karena itu semua pihak harus bekerja sama dalam pembangunan kesehatan. (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved