Berita Nasional

Jokowi Resmi Luncurkan AMMDes, si Mobil Desa di GIIAS

Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan Alat Mekanis Multiguna Perdesaan (AMMDes) pada pembukaan GIIAS 2018, Kamis (2/8/2018).

Jokowi Resmi Luncurkan AMMDes, si Mobil Desa di GIIAS
KOMPAS.com/STANLY RAVEL
Kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan Alat Mekanis Multiguna Perdesaan (AMMDes) pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Kamis (2/8/2018).

"Saya menyambut baik inovasi AMMDes yang hari ini diluncurkan. Ini satu jenis kendaraan tapi kaitannya dengan industri hulu sangat banyak. Tadi dilaporkan lebih dari 70 industri komponen dalam negeri siap jadi pemasok," ucap Jokowi dalam sambutannya.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dalam sambutannya di waktu yang sama menjelaskan, AMMDes yang akan dihadirkan ini merupakan prototipe ketiga.

Baca: Jokowi Langsung Duduk di Salah Satu Mobil Perdesaan di GIIAS

Sebelumnya prototipe pertama dan kedua setelah dilakukan studi diputuskan tidak dilanjutkan untuk diproduksi.

Airlangga menjelaskan, kendaraan yang diproduksi oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia ini siap diproduksi mulai 3.000 unit per tahun. Harapannya bisa dapat ditingkatkan menjadi 15.000 unit per tahun.

Produksi AMMDees akan dimulai Januari 2019 mendatang. "Saat ini perizinan sedang diurus Kemenhub dan dijanjikan keluar November. Ini kendaraan yang dibatasi kecepatannya dan dapat membantu meningkatkan produksi pertanian di pedesaan," ucap Airlangga.

Airlangga menegaskan, kendaraan ini sudah menggunakan komponen dalam negeri dari 70 industri komponen dan lokal komponen setara 70 persen dari nilai kendaraan. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved