28 Desa di Flores Bagian Barat Belum Berlistrik, 15 Desa Akan Segera Dinyalakan

Kabupaten Ende, Nagakeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat hingga kini belum terpasang listrik dari jaringan PLN.

28 Desa di Flores Bagian Barat Belum Berlistrik, 15 Desa Akan Segera Dinyalakan
POS KUPANG/SERVAN MAMMILIANUS
Salah satu jaringan listrik di Labuan Bajo. 

Laporan Reporter Pos Kupang.com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM, ENDE -- Sebanyak 428 desa di wilayah Flores Bagian Barat (FBB) yang terdiri dari Kabupaten Ende, Nagakeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat hingga kini belum terpasang listrik dari jaringan PLN.

Manajer PT PLN Area Flores Bagian Barat, Firman Raharja mengatakan hal itu kepada Pos-Kupang.com, Minggu (8/7/2018).

Melalui pesan WA yang dikirim kepada Pos-Kupang.com, Firman mengatakan bahwa hingga bulan Juni 2018 tercatat ada 428 desa di wilayah kerja Flores Bagian Barat belum berlistrik.

Meski demikian jumlah tersebut dipastikan berkurang karena pada bulan Juli ini sudah ada 41 desa yang akan dinyalakan serta 15 desa lainnya dalam proses pemasangan listrik sehingga dengan demikian jumlah desa-desa yang belum berlistrik di Flores Bagian Barat akan terus berkurang.

"Kami tentunya berharap agar semua desa-desa dalam wilayah kerja Flores Bagian Barat yang belum berlistrik suatu waktu sudah bisa terpasang listrik karena hal itu memang menjadi kebijakan dari pemerintah pusat,"kata Firman.

Tentang langkah atau kebijakan dari PLN untuk desa-desa yang belum berlistrik, Firman mengatakan langkah PLN adalah melakukan koordinasi melekat pada vendor pelaksana dan respon segera permasalahan lapangan serta market sounding pelaksana Dis Jatim dan daerah lain agar mau bekerjasama untuk pemasangan Listrik Desa (Lisdes) di area Flores Bagian Barat.

Firman mengatakan pihaknya memang kerap mendapatkan pengaduan baik lewat surat maupun warga yang datang langsung untuk meminta pemasangan listrik di desa yang belum berlistrik.

Pihaknya memang menyadari keinginan dari warga yang belum berlistrik agar bisa segera menikmati listrik namun demikian karena keterbatasan anggaran yang dimililiki oleh negara maka belum semua keinginan warga bisa terjawab segera.

Pihaknya juga mengharapkan peran serta dari masing-masing Pemda yang ada di Flores Bagian Barat untuk memfasilitasi proses pemasangan listrik di desa yang belum berlistrik sehingga dengan demikian proses pemasangan listrik di desa-desa tersebut bisa segera dilakukan.

Firman juga mengharapkan kepada warga yang akan dipasang listrik agar mendukung kinerja PLN di lapangan seperti merelakan tanaman mereka untuk dipangkas bahkan dipotong untuk proses pemasangan jaringan kabel listrik ke desa.

Sedangkan untuk desa-desa yang telah berlistrik di Area Flores Bagian Barat, Firman merincikan masing-masing
Kabupaten Ende, 260 desa dan Kabupaten Nagekeo ada 103 desa serta Kabupaten Ngada ada 145 desa dan Manggarai Timur
sebanyak 67 dan Manggarai 124 desa dan Manggarai Barat sebanyak 88 desa. (*)

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help