Berita Kabupaten Kupang

Tak Ada Mahar Saat Mendaftar. NasDem Kabupaten Kupang Punya 16 Bacaleg Perempuan

4 dapil di Kabupaten Kupang, di dapil 1 terdapat 5 orang perempuan, Dapil 2 terdapat 4 orang perempuan, Dapil 3 terdapat 2 orang

Tak Ada Mahar Saat Mendaftar. NasDem Kabupaten Kupang Punya 16 Bacaleg Perempuan
pos kupang.com, edy hayong
Ketua DPD NasDem Kupang, Sofia Malelak de Haan

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Edi Hayong

POS KUPANG.COM, OELAMASI --Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Kupang sudah menerima pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk pemilu 2019. Dari empat daerah pemilihan (dapil) yang ada, khusus bacaleg perempuan melebihi kuota yakni mengoleksi 16 bacaleg perempuan. Saat ini para bacaleg tengah melengkapi berkas sebelum pendaftaran di KPU Kabupaten Kupang yang diagendakan tanggal 4-17 Juli.

Ketua DPD NasDem Kabupaten Kupang, Sofia Malelak de Haan, kepada wartawan, Rabu (4/7/2018) menjelaskan, proses pencalegan untuk partainya sudah dilakukan sejak tahun 2017.

Dalam proses perekrutan, tidak dipungut biaya sepeserpun bagi para bacaleg. Saat ini DPD tengah merekap semua bacaleg per dapil dan dari hasil rekapan bacaleg perempuan melebihi kuota.

Dari 4 daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Kupang, di dapil 1 terdapat 5 orang perempuan, Dapil 2 terdapat 4 orang perempuan, Dapil 3 terdapat 2 orang perempuan dan Dapil 4 terdapat 5 orang peremupuan.

"Kita buka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat umum yang maju bacaleg melalui NasDem. Ada empat dapil di Kabupaten Kupang, hampir lebih dari dua bacaleg perempun di tiap dapil ini luar biasa. Ini berarti syarat kuota untuk perempuan terpenuhi 100 persen," katanya.

Dirinya sudah meminta para bacaleg untuk melengkapi berkas untuk selanjutnya diserahkan ke DPD sebelum dimasukan ke KPU untuk verifikasi lebih lanjut sesuai ketentuan yang berlaku. Berkas usulan dari DPD sudah disampaikan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem NTT untuk diplenokan dan kini sesuai dengan informasi yang diterimanya telah dilakukan pleno penetapan di DPP NasDem para bacaleg.

"Kita memang menargetkan raihan kursi di DPRD Kabupaten Kupang minimal 2 kursi per Dapil. Dengan penataan organisasi partai yang semakin baik saat ini maka peluang untuk meraih kemenangan yang signifikan sangat terbuka minimal bisa mempertahankan fraksi murni di parlemen. Pada pemilu 2019 nanti, ada 4 dapil di Kabupaten Kupang dimana untuk dapil 1 sebanyak 12 kursi, dapil 2 sebanyak 11 kursi, dapil 3 sebanyak 6 kursi dan dapil 4 sebanyak 11 kursi. Dari jumlah kursi yang diperebutkan ini, NasDem optimis meraih minimal 2 kursi di tiap dapil.

Hal ini dengan melihat bacaleg yang maju melalui partai ini rata-rata cukup berpengaruh di dapil masing-masing. Kita minimal bisa raih 2 kursi di tiap dapil. Kerja keras bersama tentu kami optimis minimal fraksi murni yang sudah kami raih pada pemilu lalu masih bisa dipertahankan. Kita pemilu lalu raih kemenangan urutan keempat dan diharapkan pada pemilu mendatang bisa naik peringkat," katanya.

Menyinggung soal mahar pendaftaran, Sofia menegaskan, tidak ada beban buat para bacaleg. Para calon murni mendaftarkan diri untuk mendapatkan pintu partai. Untuk itu, dirinya berharap para bacaleg sesegera mungkin melengkapi berkas agar DPD bisa mengajukan ke KPU Kabupaten Kupang untuk proses verifikasi.(*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved