Nelayan Ini Berhasil Dievakuasi Setelah Perahunya Tenggelam di Teluk

Arnon Saman (52), seorang warga Desa Tolotio ditemukan Tim Basarnas bersama TNI Angkatan Laut terombang-ambing di Teluk Tomini.

Nelayan Ini Berhasil Dievakuasi Setelah Perahunya Tenggelam di Teluk
THINKSTOCK.COM
ilustrasi 

POS-KUPANG.COM | GORONTALO - Arnon Saman (52), seorang warga Desa Tolotio ditemukan Tim Basarnas bersama TNI Angkatan Laut terombang-ambing di Teluk Tomini.

Warga Tolotio Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango ini sebelumnya dinyatakan hilang setelah perahu yang ditumpangi seorang diri dilaporkan terbalik dan tenggelam di perairan Longkoga.

Saat ditemukan Arnon Saman sedang bertahan di sebuah rakit di tengah laut. Perahunya mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan.

Baca: Ternyata Ini Penyebab Kecelakaan KM Sinar Bangun

"Arnon Samar berangkat ke laut pada Minggu (24/6/2018) pukul 06.30 Wita," kata Muslimin, Kepala Basarnas Gorontalo saat melakukan evakuasi, Senin (25/6/2018).

Berita terjadinya kecelakaan di laut Arnon Saman ini didapat dari laporan Ismet, anak korban, kepada kantor Basarnas.

Saat itu juga Basarnas Gorontalo langsung memberangkatkan Tim gabungan menggunakan kapal RB 216 untuk memberikan mencari korban di Teluk Tomini.

Dengan menggunakan data awal dan petunjuk dari keluarga korban, Tim Basarnas langsung menuju perairan Longkoga dan menemukan korban yang bertahan di rakit.

Perahu yang ditumpanginya dalam kondisi rusak. Diduga Arnon Saman mengalami kecelakaan akibat hempasan gelombang tinggi akibat angin pasat tenggara pada pukul 13.30 Wita.

Pada bulan ini hingga September para nelayan di wilayah pesisir selatan Gorontalo menyebut fenomena kencang ini sebagai angin timur.
Kebanyakan para nelayan memilih tidak melaut saat terjadi angin timur.

"Tim gabungan berhasil mengevakuasi korban beserta perahu menuju Longkoga Timur yang masuk Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah," kata Muslimin. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved