Genjot Kunjungan Wisatawan, Kementerian Pariwisata Tata Sejumlah Kawasan di Labuan Bajo

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata akan menata sejumlah kawasan strategis pariwisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kementerian Pariwisata Tata Sejumlah Kawasan di Labuan Bajo
KOMPAS.COM
Turis asing sedang duduk di Restoran Paradise Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Minggu (27/8/2017) untuk menunggu matahari terbenam di ujung barat Pulau Flores. 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata akan menata sejumlah kawasan strategis pariwisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tahun 2018.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, kawasan strategis pariwisata yang akan ditata yakni pedestrian (sarana bagi pejalan kaki) di Jalan Soekarno-Hatta, Labuan Bajo.

Baca: Setelah Jalani Sidang Kasus Pencurian Ikan di Australia, 2 WNI Dipulangkan

Selanjutnya pusat wisata kuliner di Kampung Ujung, pembangunan ruang terbuka hijau di Kampung Air (bekas Sail Komodo) dan pembangunan jembatan penghubung Kampung Air dengan Bukit Pramuka.

Pihaknya, kata Arief, akan melakukan pemasangan 20 titik Mooring Buoy (tambat apung yang digunakan untuk tambatan kapal, dan sebagai marka untuk menjatuhkan jangkar), untuk bisa untuk menjaga terumbu karang jangan rusak.

Lokasi pemasangan Mooring Buoy di Taman Nasional Komodo, Kecamatan Komodo. "Targetnya, di tahun 2018, semuanya itu akan terealisasi," ungkap Arief dalam kegiatan peluncuran empat Top Calendar Of Event Pariwisata Nusa Tenggara Timur 2018, di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Kamis (7/6/2018) lalu.

Selain itu, lanjut Arief, pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan melakukan pengolahan sampah di Manggarai Barat, dengan membangun pusat daur ulang sampah.

Pengolahan sampah itu akan berpusat di Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat dan Taman Nasional Komodo, serta Pulau Mesa, Kecamatan Komodo.

Menpar mengatakan, pemerintah akan memberikan bantuan kapal sampah khusus untuk Kabupaten Manggarai Barat. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved