Jemaat Klasis Kupang Barat Dilatih Buat Abon dan Sate Ikan

39 jemaat di Klasis Kupang Barat, Kabupaten Kupang dilatih mengolah abon ikan, dendeng ikan, sate ikan, baso ikan

Jemaat Klasis Kupang Barat Dilatih Buat Abon dan Sate Ikan
POS KUPANG/EDY HAYON
Kegiatan praktek pembuatan menu dari ikan pada Jemaat Klasis Kupang Barat terpusat di Gereja Elim, Bolok, Selasa (29/5/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayon

POS-KUPANG.COM|KUPANG--Sedikitnya ratusan perempuan yang berasal dari 39 jemaat di Klasis Kupang Barat, Kabupaten Kupang dilatih mengolah abon ikan, dendeng ikan, sate ikan, baso ikan.

Para jemaat dilatih memanfaatkan potensi ikan tuna sehingga menjadi bekal keterampilan dalam mendukung ekonomi keluarga.

Selain itu, para kaum ibu bisa menjadikan ikan sebagai lauk pokok dalam keluarga karena kandungan protein dan gizi ikan untuk kecerdasan otak anak sangat luar biasa.

Instruktur pelatihan pengolahan ikan buat Jemaat Klasis Kupang Barat, Yohanis Pandie, kepada POS KUPANG.COM, Kamis (31/5/2018) menjelaskan, kegiatan yang dilakukan timnya pada tanggal 29 Mei 2018 lalu di Gereja Elim Bolok Henaat GMIT Klasis Kupang Barat, sebagai inisiatif tim untuk memberikan sosialisasi sekaligus pesan untuk warga gemar makan ikan.

Selama ini pengolahan ikan untuk konsumsi keluarga sudah lazim seperti goreng, rebus tapi ada hal berbeda yang mau dibagikan buat kaum perempuan sebagai ibu rumah tangga di Klasis Kupang Barat.

Menurut Pandie; sosialisasi ini penting karena selama ini gemar makan ikan belum berjalan maksimal. Kehadiran tim untuk memberikan sosialisasi sekaligus memberikan pelatihan pengolahan ikan agar berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

"Kita  berikan praktek buat sate ikan, baso ikan, abon ikan. Pembuatannya sangat sederhana dan bahan mudah terjangkau. Kita bentuk dalam lima kelompok serta berikan resep untuk mereka bisa praktekan. Walau hanya beberapa jam praktek tapi kaum perempuan banyak antusias dan berhasil mereka praktekan. Kita hadirkan juga nara sumber dari  Dinas Kelautan dan Perikanan NTT, Ady Langga," katanya.(*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved