Agus Boli Minta Dinas Pertanian Gelar Pertemuan dengan Petani Langsung di Kebun

Masalah utama yang disampaikan para petani di hadapan Agus Boli antara lain kesulitan air menyiram bawang

Agus Boli Minta Dinas Pertanian Gelar Pertemuan dengan Petani Langsung di Kebun
POS KUPANG/FELIKS JANGGU
Agus Boli meninjau kebun bawang kelompok tani Ago Tena Desa Saosina Adonara Timur Rabu (30/5/2018).

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM|LARANTUKA-- Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli menggelar dialog dengan petani Saosina Adonara Timur di kebun petani Rabu (30/5/2018).

Agus Boli didampingi Sekretaris Dinas Pertanian Getrudis L.Balela mendengarkan keluhan kelompok tani di Saosina. Terutama para petani yang sedang serius menanam bawang merah.

Masalah utama yang disampaikan para petani di hadapan Agus Boli antara lain kesulitan air menyiram bawang. Mereka harus membeli air tangki dan mengeluarkan biaya cukup besar.

Sebagai usulan, petani yang tergabung di kelompok Ago Tena Desa Saosina itu meminta pemerintah menggali sumur bor di desa itu.

Selain kesulitan air, petani juga meminta traktor untuk mengolah lahan pertanian. Memudahkan mereka membajak menggembur tanah untuk ditanami bawang merah.

Menjawab berbagai keluhan itu, Agus Boli mengatakan pemerintah pasti akan memberikan bantuan alat traktor. Dan jangka panjang melakukan survei mata air untuk dibor.

Yang paling penting, kata Agus Boli petani mempunyai komitmen untuk menggarap lahan lebih luas lagi agar produksinya banyak.

Apa pun bisa dilakukan pemerintah asalkan masyarakat mau berkebun, mau menanam di kebun mereka.

Hal kedua soal air, Agus Boli meminta Dinas Teknis membuat kajian tentang mata air di Saosina untuk membuat perencanaan anggaran.

Agus Boli juga memberikan penekanan kepada para kepala OPD yang bersentuhan langsung dengan kelompok tani, agar menggelar pertemuan di kebun.

Jangan ada lagi pembicaraan tentang petani di hotel-hotel supaya mendapatkan apa yang benar-benar diinginkan dibutuhkan masyarakat.(*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved