Bena Jadi Desa Mandiri Benih, Ini Harapan Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT

Desa Bena, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), ditetapkan menjadi desa mandiri benih.

Bena Jadi Desa Mandiri Benih, Ini Harapan Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT
POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Dandrem 161 Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, SE, MM, Bupati TTS, Ir. Paul Mella, Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT, Yohanes Tay Ruba, dan para pimpinan OPD lingkup Pemkab TTS sedang melakukan panen raya padi di Desa Bena, Rabu (16/5/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Desa Bena, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), ditetapkan menjadi desa mandiri benih.

Nantinya, Desa Bena diharapkan bisa memenuhi kebutuhan benih padi untuk Kabupaten TTS di masa mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT, Yohanes Tay Ruba, saat memberikan sambutan dalam acara panen raya padi di Desa Bena, Rabu ( 16/5/2018) pagi.

Yohanes mengatakan, penetapan Desa Bena menjadi Desa Mandiri Benih sudah ditetapkan sejak tahun 2017 lalu. Berbagai bantuan seperti membangun lumbung benih, lantai jemur dan pendampingan terus diberikan Dinas Pertanian Propinsi NTT akan dalam waktu satu atau dua tahun ke depan, Desa Bena sudah bisa menghasilkan benih sendiri.

"Untuk benih label putihnya dari Balai Benih Provinsi NTT. Selanjutnya akan kita bagikan ke Desa Bena untuk dikembangkan agar memperoleh benih berlabel biru. Benih yang dihasilkan di Desa Bena selanjutnya akan diuji lagi oleh Balai Sertifikasi Pengawas Mutu Benih Kupang sebelum bisa dijual ke pasaran. Kita berharap, dalam waktu satu atau dua tahun ke depan, Desa Bena sudah bisa menghasilkan benih sendiri sehingga kebutuhan benih petani di TTS bisa diambil dari Desa Bena," ungkap Yohanes.

Pantauan POS-KUPANG.COM, panen raya di Desa Bena dihadiri, Dandrem 161 Wirasakti Kupang, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, SE, MM, Bupati TTS, Ir. Paul Mella, Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT, Yohanes Tay Ruba dan para pimpinan OPD lingkup Pemkab TTS. Luas area panen di Desa Bena sendiri mencapai 1.466 Ha.

Panen raya secara simbolis dilakukan dengan cara pemotongan padi dengan menggunakan sabit oleh Dandrem 161 Wirasakti Kupang, Brigjen TNI Teguh, Bupati Mella, Kadis Pertanian Provinsi NTT, Yohanes Tay Ruba bersama para pimpinan OPD.

Acara panen raya tersebut dihadiri sekitar 50 masyarakat Desa Bena yang merupakan para pemilik lahan. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help