Anda Golongan Darah O? Waspada, Anda Punya Risiko Kematian Tinggi Jika Mengalami Cedera Serius

Para peneliti mengaitkan golongan darah O dengan risiko kematian yang tinggi dari trauma berat akibat cedera serius.

Anda Golongan Darah O? Waspada, Anda Punya Risiko Kematian Tinggi Jika Mengalami Cedera Serius
ISTIMEWA
Ilustrasi: Neymar ketika mengalami cedera serius. 

POS-KUPANG.COM - Golongan darah sering dikaitkan dengan kepribadian dan jenis diet yang tepat bagi seseorang. Ternyata tak sampai di situ saja, golongan darah juga berhubungan dengan risiko kematian seseorang.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Tokyo Medical and Dental University Hospital menemukan hal tersebut. Mereka menemukan bahwa golongan darah bisa memiliki implikasi serius bagi kesempatan Anda untuk selamat dari cedera serius.

Para peneliti mengaitkan golongan darah O dengan risiko kematian yang tinggi dari trauma berat akibat cedera serius.

Cedera serius yang dimaksud adalah cedera yang cukup buruk untuk membunuh atau menyebabkan seseorang menjadi cacat dalam jangka panjang.

Para peneliti menemukan, orang dengan golongan darah O hampir tiga kali lipat (dibanding golongan darah lain) berpotensi meninggal akibat cedera semacam itu.

Wataru Takayama, penulis penelitian ini, menyebut bahwa literatur sebelumnya menunjukkan golongan darah mungkin menempatkan pasien pada risiko pendarahan yang lebih besar.

"Kehilangan darah adalah penyebab utama kematian pada pasien dengan trauma berat, tetapi penelitian tentang hubungan golongan darah dengan risiko kematian akibat trauma jarang dilakukan," ungkap Takayama dikutip dari Newsweek, Rabu (02/05/2018).

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Critical Care ini menunjukkan, 28 persen pasien golongan darah O dengan cedera serius meninggal. Padahal, pada golongan darah lain, hanya 11 persen yang meninggal.

"Penelitian terbaru menunjukkan bahwa golongan darah O bisa menjadi faktor risiko potensial untuk pendarahan," ujar Takayama dikutip dari Science Daily, Selasa (01/05/2018).

Alasannya... Ini ternyata berhubungan dengan agen pembekuan darah. Pasien dengan golongan darah O terbukti memiliki faktor von Willebrand (agen pembekuan darah) yang lebih rendah dibanding golongan darah lain.

Halaman
12
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help