3 Kabupaten di NTT Bermasalah Data Pemilih, Penetapan DPT Ditunda

KPU Provinsi NTT menunda rapat pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan serentak Gubernur dan Wakil Gubernur NTT 2018.

3 Kabupaten di NTT Bermasalah Data Pemilih, Penetapan DPT Ditunda
ISTIMEWA
Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menunda rapat pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan serentak Gubernur dan Wakil Gubernur NTT 2018.

KPU memutuskan menunda penetapan DPT di tiga kabupaten pada Sabtu (21/4/2018), karena data pemilih masih bermasalah di tiga kabupaten.

Tiga kabupaten tersebut, yakni Manggarai, Sumba Barat Daya dan Timor Tengah Selatan (TTS).

Ketua KPU NTT Maryanti Luturmas Adoe mengatakan, penundaan penetapan DPT ini menyusul permasalahan Model A C 3-KWK atau rekapitulasi daftar pemilih potensial non KTP- elektronik.

Baca: ADUH! Guru Tampar Siswa Sampai Terhuyung Setelah Elus-elus Pipi, Videonya Viral

Setelah dilakukan penelusuran oleh KPU kabupaten bersama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, rekapitulasi tersebut tidak masuk dalam base kependudukan.

"Penetapan DPT di tiga kabupaten itu ditunda hingga 29 April 2018 mendatang," ucap Maryanti.

Maryanti menjelaskan, sebanyak 139.476 pemilih dari tiga kabupaten itu yang masuk dalam data base kependudukan, belum memiliki dokumen kependudukan seperti nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (NKK) dan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik.

Ia mengatakan, dalam pleno di tingkat KPU Kabupaten Manggarai, jumlah DPT adalah 192.323 orang. Namun, ada 32.328 pemilih yang masih bermasalah terkait dokumen kependudukan.

Baca: Siswa Korban Tamparan Guru SMK Alami Nyeri Rahang dan Telinga Berdengung

Halaman
123
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved