Tim Kemenhub Uji Coba Pelabuhan Wulandoni di Lembata

ujicoba penggunaan Pelabuhan Wulandoni itu memang harus segera dilakukan, karena telah selesai dibangun sejak beberapa waktu lalu

Tim Kemenhub Uji Coba Pelabuhan Wulandoni di Lembata
pos kupang.com, frans krowin
Kepala Syahbandar Larantuka, Simon Baon (kiri) didamping Koordinator Syahbandar Wilayah Kerja (Wilker) pelabuhan Lewoleba, Wayan (tengah) ketika berada di Pelabuhan Lewoleba, Selasa (17/4/2018).

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA --- Tim dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Jakarta akan segera turun ke Lembata melakukan uji coba penggunaan Pelabuhan Wulandoni di pantai selatan Lembata. Uji coba pelabuhan tersebut dilakukan bersama Syahbandar Larantuka.

Hal tersebut disampaikan Kepala Syahbandar Larantuka, Simon Baon, ketika berkunjung ke Lewoleba, Kabupaten Lembata, Senin (16/4/2018). Kunjungannya itu dalam rangka melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lembata untuk beberapa hal, termasuk ujicoba penggunaan pelabuhan tersebut.

"Saya belum bisa pastikan kapan kami akan melakukan ujicoba penggunaan pelabuhan itu. Tapi saya kira akan kami lakukan dalam waktu dekat ini. Sekarang kami sedang menunggu tim dari Jakarta," ujar Simon.

Menurut dia, ujicoba penggunaan Pelabuhan Wulandoni itu memang harus segera dilakukan, karena telah selesai dibangun sejak beberapa waktu lalu.

Pelabuhan itu, lanjut Simon, merupakan pelabuhan umum. Jadi bisa digunakan oleh kapal rakyat, kapal penumpang, kapal barang atau jenis kapal lainnya.

Hanya saja, lanjut dia, sebelum pelabuhan itu resmi digunakan oleh para pihak, Syahbandar Larantuka bersama tim teknis dari Kemenhub Jakarta, terlebih dahulu akan melakukan ujicoba penggunaannya.

Ujicoba itu, kata Simon, sangat penting dilakukan untuk mengetahui kelayakan pelabuhan tersebut. Olehnya dalam ujicoba nanti, akan dites dengan kapal yang punya kapasitas angkut 1.000 DWT.

Untuk diketahui, Pelabuhan Wulandoni merupakan satu-satunya pelabuhan di pantai selatan Lembata, tepatnya di Desa Wulandoni, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata. Pelabuhan ini tak jauh dari Lamalera.

Wulandoni merupakan satu-satunya daerah pantai yang aman dari amukan gelombang pantai selatan. Pasalnya pantai Wulandoni berada di sebuah teluk kecil di pantai selatan Lembata. Lantaran letaknya di bagian teluk, sehingga memudahkan aktivitas di pelabuhan itu.

Pantai selatan Lembata berhadapan langsung dengan Laut Sawu, sehingga badai gelombang tak mengenal musim. Saban hari pantai selatan itu diterpa gelombang besar, kecuali Wulandoni. Artinya, gelombang laut di Wulandoni tak sebesar gelombang yang menerpa pesisir pantai sepanjang garis pantai wilayah selatan Lembata. (*)

Baca: Aneh, Tiga Pintu Kios Pasar Inpres Soe Diberi Tanda Silang Merah

Tags
Lembata
Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help