Suami Istri Warga SBD Penjual Anak Di Bawah Umur Terancam 10 Tahun Penjara

Suami istri itu telah melakukan eksploitasi secara ekonomi dan seksual terhadap anak di bawah umur.

Suami Istri Warga SBD Penjual Anak Di Bawah Umur Terancam 10 Tahun Penjara
Pos Kupang/Ant
Ilustrasi Penjara

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Pasangan suami istri asal Desa Lele Maya, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) berinisial DGW dan RI, terancam hukuman 10 tahun penjara.

Ancaman penjara itu lantaran keduanya "menjual" seorang anak perempuan berinisial TVGW (17) kepada pria hidung belang untuk ditiduri.

Kapolres Sumba Barat AKBP Gusti Maycandra Lesmana mengatakan, pasangan suami istri itu telah melakukan eksploitasi secara ekonomi dan seksual terhadap anak di bawah umur.

"Keduanya dijerat Pasal 76I Junto Pasal 88 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara," ucap Gusti kepada Kompas.com, Senin (12/3/2018).

Selain pasangan suami istri, lanjut Gusti, pria hidung belang berinisial YUZ yang meniduri korban disangkakan melakukan persetubuhan terhadap anak di bawah umur, sehingga dijerat Pasal 76D junto Pasal 81 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

"Terkait kasus ini, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berperan serta melaporkan maupun mencegah jika mendapati kasus yang melibatkan anak-anak di bawah umur baik itu kekerasan secara fisik, secara psikis, penelantaran, maupun kekerasan secara seksual," ucapnya.

Jangan pernah takut untuk melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian, karena banyak kasus-kasus yang tidak dapat terungkap karena kurangnya kepedulian dan ketakutan akan ancaman dari pelaku," sambungnya.

Anggota Polres Sumba Barat menangkap DGW dan RI karena menjual seorang anak di bawah umur kepada pria hidung belang untuk disetubuhi.

Kapolres Sumba Barat AKBP Gusti Maycandra Lesmana mengatakan, korban yang dijual berinisial TVGW (17) berasal dari Desa Lele Maya, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya

"Tiga pelaku berhasil diamankan, yakni YUZ (pria hidung belang yang mencabuli TVGW) serta suami istri DGW dan RI karena terlibat kasus eksploitasi seksual terhadap anak di bawah umur," kata Gusti kepada Kompas.com, Minggu (11/3/2018) malam.(Sigiranus Marutho Bere)

Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved