Yohana Minta Semua Sekolah Baik Swasta Maupun Negeri Haris Komit Soal Penerimaan Siswa Baru

Menurut Yohana ada 8 standar yang harus dipenuhi setiap sekolah untuk memperoleh akreditasi.

Yohana Minta Semua Sekolah Baik Swasta Maupun Negeri Haris Komit Soal Penerimaan Siswa Baru
Pos Kupang/Oby Lewanmeru
Kadis Pendidikan NTT, Yohanna Lisapaly, SH.MSi 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Maria A E Toda

POS-KUPANG.COM|KUPANG-- Terkait masih banyaknya sekolah di NTT yang belum terakreditasi dan juga terakreditasi C atau D, Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi NTT Yohana. E Lisapaly meminta semua pihak untuk berkomitmen mewujudkan hal tersebut.

Hal ini disampaikannya saat ditemui di ruangannya Rabu (14/2/2018).

Menurut Yohana ada 8 standar yang harus dipenuhi setiap sekolah untuk memperoleh akreditasi.

Untuk itu pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten kota agar sekolah-sekolah yang belum terakreditasi bisa terakreditasi secepatnya.

"Kan ada 2 ya, yang pertama sekolah yang belum terakreditasi dan sekolah yang sudah terakreditasi tapi akreditasinya masih C atau D. Nah kota perjuangkan dan upayakan dulu agar sekolah yang belum terakreditasi bisa terakreditasi dan kemudian sekolah yang sudah berakreditasi C atau D kita upayakan untuk bisa dapatkan akreditasi A atau B," ujar Yohana.

Ia juga mengatakan banyak proses yang hahrus dilalui untuk mencapai akreditasi antara lain soal tenaga pendidik, tenaga kependidikan, fasilitas, proses KBM, jumlah siswa, dan masih banyak lagi.

Selain itu menurut Yohana yang harus dilakukan setiap sekolah adalah membangun komitmen bersama soal penerimaan siswa baru di sekolah.

"Kita ingin agar semua sekolah yang sudah punya izin operasional itu bisa menjalankan proses belajar mengajar, nah salah satu syarat adanya proses belajar mengajar adalah adanya siswa. Nah kita tidak ingin agar semua sekolah yang sudah punya izin. operasional terisi siswa, dan tidak hanya di sekolah-sekolah yang dapat predikat favorit saja. Kita ingin agar semuanya sama rata dengan mengusahakan akreditasi sekolah menjadi bagus," ujar Yohana.

Menurutnya pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten kota dan juga khusus untuk sekolah swasta akan dilakukan koordinasi dengan pihak yayasan. (*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help