Pilkada Ende

Pasangan MJ dan WM Dipastikan Ikut Bertarung

Keikutsertaan kedua pasangan calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Ende itu diumumkan oleh KPU Kabupaten Ende

Pasangan MJ dan WM Dipastikan Ikut Bertarung
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
DON BOSCO WANGGE 

Laporan Reporter Pos Kupang.com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE - Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Ende, Ir. Marsel Petu dan Djafar Achamd serta pasangan  Drs Don Bosco Wangge dan Munawar dipastikan ikut dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Ende tahun 2018.

Keikutsertaan kedua pasangan calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Ende itu diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ende dalam pleno terbuka, Senin (12/2/2018).

Dalam pleno yang dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Ende, Florentinus H Wadhi serta dihadiri oleh semua anggota Komisioner KPU Kabupaten Ende, KPU Kabupaten Ende dalam keputusannya menyatakan bahwa terkait dengan tahapan Pilkada tercatat ada tiga pasangan calon yang mendaftarkan diri masing-masing Paket, Ir Marsel Petu yang berpasangan dengan Drs Djafar Achmad serta pasangan Drs Don Bosco Wangge dan Munawar.

Kedua pasangan tersebut melalui jalur partai politik serta satu paket melalui jalur independen atau perseorangan bernama Rafael Ngala yang berpasangan dengan Antonius Tonggo atau yang dikenal dengan nama Paket Patriot.

Namun setelah melalui proses verifikasi oleh KPU Kabupaten Ende terhadap ketiga pasangan tersebut maka KPU Kabupaten Ende menyatakan bahwa hanya ada dua paket yang ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2018 yakni Paket Ir Marsel Petu yang berpasangan dengan Drs Djafar Achmad atau yang dikenal dengan Paket MJ serta Paket Drs Don Bosco Wangge yang berpasangan dengan Munawar.

Sedangkan Paket Patriot dari jalur perseorangan atau independen dinyatakan tidak ikut dalam Pilkada Kabupaten Ende karena pada saat proses verifikasi tidak berhasil lolos pada tahapan administrasi.

Dengan demikian, ujar Florentinus, Pilkada Kabupaten Ende dipastikan diikuti oleh dua paket atas nama Paket Marsel Petu dan Djafar Achmad serta Paket Drs Don Bosco Wangge dan Munawar.
Disaksikan Pos Kupang proses penetapan calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Ende dikuti oleh pasangan Drs Don Bosco Wangge dan Munawar serta pasangan Rafael Ngala dan Anton Tonggo sedangkan pasangan Marsel Petu dan Djafar Achmad tidak terlihat.
Atas ketidakhadiran pasangan Marsel Petu dan Djafar Achmad sempat menimbulkan pertanyaan dari penghubung Paket WM, Farid Ambuwaru.
Farid menanyakan kepada KPU Kabupaten Ende mengapa salah satu paket tidak hadir apakah proses penetapan pasangan calon sah.
Protes yang dilayangkan oleh Farid sempat menimbulkan suasana gaduh karena kubu MJ melalui sekretaris tim pemenang, Maksi Mari juga merasa keberatan atas pernyataan Farid.

Meski demikian suasana kembali terkendali setelah Ketua KPU Kabupaten Ende, Florentinus H Wadhi menyatakan bahwa tidak masalah kalau proses penetapan tidak dihadiri oleh pasangan calon namun untuk pengambilan nomor urut wajib dihadiri oleh pasangan calon namun apabila berhalangan maka harus ada pernyataan tertulis kepada KPU melalui tim penghubung.

Tidak Masalah

Bakal Calon Wakil Bupati dari Paket Patriot, Anton Tonggo saat dikonfirmasi tentang kegagalan Paket Patriot untuk mengikuti Pilkada Ende tahun 2018 mengatakan dia dan bakal Calon Bupati Ende, Rafael Ngala tidak merasa kecewa dan juga tidak masalah ketika KPU Kabupaten Ende menetapkan bahwa Pilkada Ende dikuti oleh dua paket minus Paket Patriot.

Anton mengatakan bahwa pihaknya sudah berusaha mengikuti tahapan Pilkada Kabupaten Ende namun demikian proses tersebut tidak berjalan mulus sehingga pihaknya tidak bisa ikut dalam Pilkada Kabupaten Ende.

Anton mengatakan meskipun tidak ikut dalam Pilkada Kabupaten Ende pihaknya tetap akan mengikuti ajang politik di Kabupaten Ende apalagi dirinya saat ini menjadi pengurus Partai Perindo Kabupaten Ende.

Tentang arah dukungan dari Paket Patriot, Anton mengatakan bahwa pihaknya belum menentukan arah dukungan kesalah satu paket. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help