PosKupang/

Gempa Tektonik Guncang Kupang, Tidak Berpotensi Tsunami

Guncangan gempa bumi ini dirasakan lemah dan belum berpotensi menimbulkan kerusakan

Gempa Tektonik Guncang Kupang, Tidak Berpotensi Tsunami
sumber: BMKG.
Peta titik gempa

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Maria A E Toda

POS-KUPANG.COM |KUPANG--Hari Sabtu, 13 Januari 2018, pukul 04.49.04 WIB terjadi gempabumi tektonik yang berpusat di Laut Sawu.

Melalui siaran pers yang diterima Pos Kupang, hasil update analisis oleh BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,0.

Episenter terletak pada koordinat 10,13 LS dan 122,88 BT tepatnya di laut pada jarak 52 km arah barat Kota Naekean, Kabupaten Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 68 km.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa guncangan berpotensi dirasakan di Kupang, Naekean, Rote, Akle, Hansisi, Terau, dan Baun pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan lemah dan belum berpotensi menimbulkan kerusakan

"Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Laut Sawu. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran mendatar-naik (oblique thrust)," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Drs. Mohc. Riyadi, Msi.

Hingga pukul 05.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Kupang dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help