Soal Pesawat Hercules Yang Bawa 797 Botol Vodka, Ini Klarifikasi TNI AU

Sejumlah pihak dikejutkan dengan ditemukannya minuman beralkohol di Bandara Wamena

Soal Pesawat Hercules Yang Bawa 797 Botol Vodka, Ini Klarifikasi TNI AU
Dok/Kementerian Perhubungan
Terminal Bandara Wamena Jayawijaya, Papua 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - TNI Angkatan Udara segera menyelidiki informasi tentang pesawat Hercules C-130 yang diduga membawa 797 botol minuman keras merek Vodka di Bandar Udara Wamena, Papua.

POM TNI AU utamanya akan menyelidiki keterlibatan oknum militer dalam peristiwa tersebut.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya mengatakan, pemberitaan tentang oknum masyarakat yang membawa barang terlarang tanpa dokumen ke dalam pesawat Hercules pada penerbangan Merauke-Wamena, sangat merugikan nama baik TNI AU.

"Apabila hasil penyelidikan terbukti ada keterlibatan oknum TNI AU, maka akan dilaksanakan tindakan tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dalam lingkungan TNI," ujar Jemi saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (1/12/2017).

Jemi mengatakan, Kepala Staf TNI AU sudah mengingatkan kepada seluruh Panglima Komando Utama Operasi dan Komandan Pangkalan Udara Militer untuk tidak main-main dengan angkutan udara.

Apabila diketahui ada yang melanggar aturan, maka sebagai konsekuensi, personel tersebut akan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

Sementara itu, terkait pesawat Hercules C-130, Jemi mengatakan, pesawat tersebut identik dengan misi kemanusiaan.

Untuk itu, peran pesawat tersebut tidak lepas dari tugas-tugas kemanusiaan, termasuk mendukung angkutan logistik dan personel di daerah pedalaman, khususnya di Papua.

"Saat ini, pesawat tetap fokus untuk mendukung kebutuhan angkutan bantuan logistik Pemda Papua dan masyarakat pedalaman, sesuai surat permohonan Pemda Papua untuk dukungan angkutan menjelang Natal dan Tahun Baru," kata Jemi.

Sebanyak 797 botol minuman beralkohol merk Vodka yang dimasukkan ke dalam 32 ember cat, yang diangkut dengan menggunakan Hercules TNI AU, berhasil diamankan sesaat setelah tiba di bandara Wamena.

Halaman
12
Editor: Marsel Ali
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved