Senin, 24 November 2014
Pos Kupang

UN SMP di Nagekeo Molor 3,5 Jam

Senin, 22 April 2013 23:04 WITA

UN SMP di Nagekeo Molor 3,5 Jam
Kompas.com
Para Siswa SMP Katolik Xaverius Putri Kefamenanu, TTU, Akhirnya Harus Pulang Ke Rumah Akibat Jadwal UN Yang di Ditunda, Senin (22/4/2013)
Laporan Wartawan Pos Kupang, Adiana Ahmad

POS KUPANG.COM, MBAY
-- Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Nagekeo molor 3,5 jam. Ujian nasional yang seharusnya dimulai pukul 07.30 Wita tertunda hingga pukul 11.00 Wita.

Tertundanya pelaksanaan UN SMP di daerah itu karena naskah ujian baru tiba di Mbay, ibukota Kabupaten Nagekeo, Senin (22/4/2013) dini hari.

Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Mbay, Ahmad Masri, S.Ag yang ditemui di ruang kerjanya, Senin pagi, mengatakan, pelaksanaan UN di sekolah tersebut diundur sampai pukul 11.00 karena kesepakatan dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) agar pelaksanaan UN di seluruh Nagekeo bisa dimulai serentak.

Masri mengungkapkan,  naskah UN untuk SMP seluruh Nagekeo baru tiba di Mbay sekira pukul 06.00 Wita setelah sempat terlantar di Bandara Frans Seda Maumere, Kabupaten Sika. Naskah UN untuk Kabupaten Nagekeo, katanya, baru dijemput pukul 22.00 Wita.

Akibat keterlambatan soal dan jadwal ujian yang tertunda, para peserta UN terpaksa harus menunggu di halaman sekolah selama tiga jam. Sekira pukul 10.00 Wita, para guru di sekolah itu baru menyuruh para peserta masuk ruangan ujian. Satu jam sebelum ujian dimulai, digunakan untuk mengisi biodata.

Meskipun ujian nasional di daerah itu baru dimulai pukul 11.00 Wita, namun Ahmad Masri mengatakan, sesuai kesepakatan dengan Dinas PPO Nagekeo, dalam berita acara UN tetap ditulis UN dimulai pukul 07.30 Wita.

Ahmad Masri mengatakan, pihaknya hanya menjalankan perintah Dinas PPO. Sementara Sekretaris Dinas PPO Nagekeo, Festina Andrianti yang dihubungi melalui telepon Senin sore, mengatakan,  UN SMP hari pertama tertunda karena keterlambatan naskah UN.

Naskah UN SMP baru diterima Dinas PPO Nagekeo  Senin pagi.  Namun soal jadwal dalam berita acara dicantumkan jadwal normal, Andrianti mengaku tidak tahu. "Nanti saya konfirmasi dulu. Saya belum dapat kabar seperti itu," kata Andrianti.

Andrianti menjamin, pelaksanaan UN SMP hari kedua sudah berjalan lancar karena seluruh naskah sudah ada di Nagekeo. Demikian juga dengan lanjutan UN SMA/MA/SMK.*
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas