PosKupang/

Pemilihan Gubernur NTT

Tunas Gugat ke Mahkama Konstitusi

Sesaat setelah pengumuman hasil pilgub NTT oleh KPU NTT, Rabu (27/3/2013) Paket Tunas melalui tim pemenangannya

Tunas  Gugat ke Mahkama Konstitusi
POS KUPANG/NOVEMI LEO
Bakal Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur NTT, IA Medah, dan Melki Laka Lena (Paket Tunas)
Laporan Wartawan Pos Kupang, Edy Bau

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Sesaat setelah pengumuman hasil pilgub NTT oleh KPU NTT, Rabu (27/3/2013) Paket Tunas melalui tim pemenangannya, Anwar Pua Geno, Nikson Mesakh dan Laurens Leba Tukan langsung menggelar jumpa pers di Kantor KPU NTT.

Kepada wartawan yang hadir saat itu, Anwar mengatakan, Paket Tunas akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait beberapa dugaan pelanggaran.

"Pasangan Tunas belum menerima hasil rekapitulasi KPU NTT dan saksi kami juga tidak menandatangani berita acaranya karena ada beberapa indikasi  dalam pilgub kali ini yang berpengaruh pada hasil pilgub," kata Anwar.

Nikson Mesakh menambahkan beberapa dugaan pelanggaran di beberapa daerah seperti di Kabupaten TTS, Sikka dan Lembata yang menjadi dasar bagi paket Tunas untuk melakukan gugatan.

"Waktu pendaftaran kami sesuaikan dengan regulasi yakni tiga hari setelah penetapan di KPU," katanya.

Calon wakil Gubernur dari Paket Tunas, Emanuel Melkiades Laka Lena kepada Pos Kupang melalui layanan SMS mengatakan, Paket Tunas akan terus berjuang hingga MK.

"Kami, Ibrahim Medah - Melki Laka Lena dan semua tim pemenangan paket TUNAS terus perjuangkan suara rakyat NTT yang mendukung paket TUNAS sampai tahapan final di Mahkamah Konstitusi berdasar temuan  dan masukan yang diperoleh di kabupaten TTS, Sikka dan Lembata," tulisnya.

Seperti diketahui Pleno KPU Propinsi NTT  menetapkan pasangan Esthon-Paul dan Frenly melaju ke putaran kedua pilgub tanggal 15 Mei 2013 mendatang. Dua pasangan ini ditetapkan KPU propinsi NTT setelah hasil pleno rekapitulasi, tidak ada satupun pasangan calon yang meraih di atas 50 persen atau minimal 30 persen.  

Hasil rekapitulasi, pasangan Esthon-Paul memperoleh suara sah 515.836 atau 22,56 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Paket Frenly meraih suara 681.273 suara atau 29,80 persen.

Pasangan yang meraih suara terbanyak ketiga adalah Paket Tunas yang meraih suara sebanyak  514.173  atau 22,29 persen. Di posisi ke empat paket CristAl dengan raihan suara sebanyak 332.569: 14,55 persen dan di posisi buntut paket BKH-Nope yang meraih 242.610 suara atau  10,61 persen.*

Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help