PosKupang/

11 Orang TKW Dicekal di Bandara El Tari

Sebanyak 11 orang Tenaga Kerja Wanita (TKW), dicekal oleh petugas dari tim gugus pencegahan dan penanganan

11 Orang TKW Dicekal di Bandara El Tari
POS KUPANG/SERVATINUS MAMMILIANUS
TKW--Para TKW saat berada di ruangan Pol PP di Kantor Gubernur NTT, Kamis (30/8/2012)
POS KUPANG.COM, KUPANG -- Sebanyak 11 orang Tenaga Kerja Wanita (TKW), dicekal oleh petugas dari tim gugus pencegahan dan penanganan korban perdagangan orang atau biasa disebut sat gas penanganan TKI, Kamis (30/8/2012).

Kesebelas orang tersebut dicegal sekitar pukul 5.00 Wita saat hendak terbang ke Jakarta dan selanjutnya ke Batam untuk terus menuju Malaysia.

Setelah dicekal mereka dibawah oleh anggota tim ke ruangan Pol PP Propinsi NTT di Kantor Gubernur.
Salah satu TKI asal Kampung Malolo-Sumba Timur bernama Yuli, saat ditanyai Pos Kupang mengatakan bahwa dia berada di Kupang sudah selama satu bulan terakhir.

"Saya sudah satu bulan di Kupang dan tinggal di rumahnya Pa Pitus bersama satu orang teman. Yang lainnya saya tidak tahu tinggal di mana. Sebelumnya saya kerja di Waingapu sebagai penjaga toko," kata Yuli di ruangan Pol PP kemarin.

11 orang tersebut terdiri dari 10 orang yang direkrut PT Ansfrida Famili dan 1 orangnya oleh PT Karya Semesta Perkasa (KSP). Hal itu diakui oleh salah satu petugas dari PT Ansfida, Marthen Kase, saat ditemui di ruangan Pol PP kemarin pagi.

"Tadi kami ada dua orang yang pergi mengkawal mereka ke pelabuhan termasuk saya. Mereka mau ke Malaysia dan selama ini tinggal di kantor masing-masing, kalau yang direkrut PT Ansfrida Famili tinggal di Kantor Cabang yang berada di Oebobo," kata Marthen.

Namun surat pengantar yang ditemui anggota tim gugus hanya berasal dari PT KSP. Selain itu, para TKW tersebut tidak dilengkapi oleh dokumen-dokumen yang seharusnya dimiliki oleh mereka.

Mereka terdiri dari, 2 orang berasal dari TTS, 2 orang dari Sumba Timur, 1 orang dari Sumba Barat, 1 orang dari Sabu Raijua, 2 orang dari Kabupaten Kupang, 1 orang dari Manggarai Timur, 1 orang dari Kota Kupang dan 1 orang dari TTU. Saat itu mereka hendak menggunakan Pesawat Lion air, dengan nomor penerbangan Jt-0691.(ser)

Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help