Peraih Emas Olimpiade Biologi Disambut di Pringsewu

PRINGSEWU, POS KUPANG.Com -- Kedatangan Irfan Haris (17), peraih medali emas di kompetisi Olimpiade Biologi Internasional di Korea Selatan disambut meriah di Pringsewu.

PRINGSEWU, POS KUPANG.Com -- Kedatangan Irfan Haris (17), peraih medali emas di kompetisi Olimpiade Biologi Internasional di Korea Selatan disambut meriah di Pringsewu.

Kedatangannya, Rabu (21/7/2010) disambut suka cita dan bangga oleh segenap warga SMAN 1 Pringsewu, termasuk pejabat pemerintahan di kabupaten hasil pemekaran ini. Bahkan, Irfan sempat diarak oleh siswa-siswa sekolah ini ketika tiba di sekolahnya.

Acara penyambutannya itu dihadiri Rektor Universitas Lampung Sugeng P. Harianto, Penjabat Bupati Pringsewu Helmi Machmud, dan perwakilan dari Kementrian Pendidikan Nasional serta Dinas Pendidikan Provinsi Lampung.

Bersama Reza Sugito (BPK Penabur Jakarta), delegasi Tim Olimpiade Biologi Indonesia lainnya, Irfan meraih medali emas di ajang Olimpiade Biologi Internasional ke-21 di Changwon, Korsel, 12 17 Juli 2010. Irfan berada di peringkat keenam dalam kompetisi yang diikuti 233 peserta dari 60 negara itu.

Ia hanya kalah dari peserta asal China, Jepang dan Amerika Serikat. Sementara, Reza di peringkat kesepuluh. Atas prestasi ini, seperti diungkapkan Humas Kementerian Pendidikan Nasional Rinda M. Fizzya, Irfan dan Reza akan mendapatkan beasiswa pendidikan hingga Strata 3 (program doktor). 

"Prestasi yang diraih Irfan sangatlah penting, sebab tidak hanya mengangkat harkat dan martabat pendidikan di Pringsewu, tetapi juga di tanah air. Prestasi ini sekaligus menjadi ikon baru di Sang Bumi Ruwai Jurai (Lampung)," ujar Helmi Machmud dengan penuh rasa bangga.

Rektor Unila Sugeng Harianto mengatakan, keberhasilan prestasi Irfan menunjukkan bahwa penyelenggaraan pendidikan dan sumber daya manusia di daerah tidak kalah dengan di kota besar. "Prestasi ini sangatlah membanggakan. Alumni SMAN 1 Pringsewu banyak berhasil," ujar alumnus SMAN 1 Pringsewu ini.

Irfan pun mendadak jadi selebriti. Banyak teman dan para undangan yang meminta foro bareng bersamanya. Tidak ketinggalan, rumahnya di Lingkungan 04, Pringsewu Selatan, juga dipenuhi kerumunan tetangga yang antusias mengucapkan selamat atas prestasinya yang sangat membanggakan. (kompas.com)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved