Berita NTT

BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Penghargaan Paritrana Award Tahun 2023

Editor: Eflin Rote
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Gubernur NTT, Josep Nae Soi, Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan berpose bersama pemenang dan nominasi Paritra Award 2022 Kategori Pemerintah Daerah di Hotel Aston Kupang, Senin 27 Maret 2023

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menyerahkan penghargaan Paritrana Award Tahun 2023 tingkat Provinsi NTT, Senin 27 Maret 2023 di Hotel Aston Kupang.

Pemberian penghargaan Paritrana Award 2022 diberikan kepada pelaku atau badan usaha, serta pemerintah daerah di NTT yang memiliki kepedulian dan menjamin hak pekerja.

Deputi Direktur Kantor Wilayah Bali, Nusra Papua, Kuncoro Budi Winarno mengatakan pemberian penghargaan yang diinisiasi oleh Kemenko PMK, Kemenakertrans, Presiden, dan BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan apresiasi dan dorongan bagi pemerintah daerah dan penyedia lapangan pekerjaan yang telah memperhatikan dan memberikan jaminan bagi tenaga kerja.

Baca juga: Pemerintah Ingin Penerima KUR Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Penghargaan terhadap pemerintah dan pelaku usaha yang telah berkontribusi dan berpihak di bidang ketenagakerjaan dengan mendukung jaminan pekerja dalam bentuk regulasi dan kebijakan yang memberikan jaminan yang menjamin dan melindungi hak para pekerja.

Tenaga kerja yang dilindungi oleh Pemerintah daerah dalam kategori Non-ASN seperti tenaga honorer dan freelans untuk terakomodir dalam program BPJS Ketenagakerjaan berupa Jaminan Pensiun, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, dan Jaminan Kecelakaan Kerja, dan kepatuhan pembayaran iuran peserta, dan pelaporan, serta perusahaan yang menyalurkan dana CSR untuk program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Harapannya kedepan, jaminan sosial juga menyentuh pekerja sektor Informal seperti petani, peternak, nelayan, ojek, freelans dan lainnya yang memiliki resiko tinggi agar semua pekerja mendapatkan jaminan sosial.

Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi mengatakan jaminan sosial menjadi hak pekerja dan Negara wajib menyediakan jaminan sosial sesuai ketentuan Pasal 28 UUD 1945 demi mewujudkan keadilan sosial bagi warga negara.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Manfaat Perlindungan dengan Bhabinkamtibmas di Seba Sabu Raijua

Pihaknya menyadari masih banyak pekerja yang belum mendapatkan jaminan sosial, sehingga instansi pemerintah maupun swasta dan perorangan mempunyai pekerja wajib mengikutsertakan pekerjanya dalam program jaminan sosial untuk memenuhi hak warga negara.

Terkait Paritra Award 2022, Pemprov NTT berterima kasih kepada Tim Sembilan yang telah bekerja secara independen memberikan penilaian secara objektif terhadap instansi/lembaga pemerintah, atau badan usaha dan perorangan yang telah mengadakan jaminan sosial bagi pekerjanya.

"Kami berharap melalui Paritra Award 2022 akan menjadi motivasi bagi perusahaan/perorangan/ dan instansi pemerintah yang belum mengikuti jaminan sosial sehingga dapat memenuhi memberikan rasa adil dengan memenuhi hak para pekerja mendapatkan jaminan sosial," pungkasnya. 

Pemenang Tujuh Kategori Paritra Award 2022

Adapun pemenang tujuh kategori Paritra Award Tahun 2022 antara lain Kategori Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota pada peringkat I, Pemkab Sumba Tengah, Peringkat II, Pemkab Manggarai Timur, dan Peringkat III. Pemkab Sikka.

Kategori Perusahaan Skala Besar Sektor Keuangan, Perdagangan dan Jasa Terbaik diraih oleh Bank NTT.

Halaman
12

Berita Terkini