KKB Papua

KKB Papua Siap Berunding dengan Pemerintah Pusat, Ide Perdamaian Itu Telah Disetujui

Editor: Frans Krowin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

SIAP BERDIALOG - KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) di Papua, kini siap berdialog dengan pemerintah indonesia untuk mewujudkan perdamaian di Papua. Dialog tersebut sedang difasilitasi oleh Komnas HAM.

POS-KUPANG.COM - KKB Papua sebuah Kelompok Kriminal Bersenjata di wilayah timur Indonesia, sudah siap berunding dengan Pemerintah Pusat. Dialog itu menuju perdamaian sebagaimana yang diharapkan selama ini.

Hal ini disampaikan Ketua Komnas HAM ( Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ), Ahmad Taufan Damanik, saat ditemui di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat.

Dikatakannya, dialog merupakan jalan terbaik untuk menghentikan kebrutalan yang dilancarkan kelompok bersenjata itu selama ini. "Dalam pandangan Komnas HAM, jalan terbaik dalam penyelesaian kekerasan konflik yang ada di Papua, adalah dialog damai," ujar Taufan.

Pernyataan ini dilansir Pos-Kupang.com dari Surya.com yang melansirnya dari Kompas.com dalam artikel 'Komnas HAM: Jalan Terbaik Hentikan Kekerasan di Papua adalah Dialog Damai'.

Baca juga: Pekerja di Intan Jaya Papua Meninggal dalam Perjalanan ke RS Usai Ditembak KKB Papua

Menurut Ahmad Taufan Damanik, dialog damai itu sejatinya telah dijajaki Komnas HAM sejak tahun 2021 lalu.

Awalnya, lanjut dia, gagasan itu ditolak Kelompok Kekerasan Bersenjata (KKB), Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang merupakan organisasi sayap TPNPB ( Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat ).

KKB PAPUA - Anggota KKB Papua Kodap VIII Kemabu Intan Jaya menyerang pos TNI di Mamba, ibu kota Kabupaten Intan Jaya, Selasa 16 Agustus 2022 pagi waktu Papua. (TANGKAPAN LAYAR)

Akan tetapi, katanya, beberapa kali Komnas HAM menjajaki ide perdamaian ke Papua, selalu berakhir dengan penolakan bahkan sampai ada aksi demonstrasi.

Namun dalam beberapa waktu terakhir, kata Taufan, semua pihak baik dari OPM maupun pemerintah Indonesia, sudah bersedia duduk bersama dengan Komnas HAM, untuk menciptakan perdamaian.

"Kami sudah bicara dengan pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menko Polhukam dan sudah mendapat dukungan penuh dari pemerintah, dari Panglima TNI dan Kapolri (untuk dialog damai)," ujarnya.

"Semua pihak setuju, dialog damai sebagai jalan keluar yang paling bermartabat, paling memenuhi rasa kemanusiaan," imbuh Taufan.

Taufan mengatakan, berkaca dari pengalaman perdamaian Aceh, jalan damai di Papua, sudah semestinya terwujud.

"Aceh dan kita menjadi contoh dunia dengan satu cerita kesuksesan melakukan dialog damai, siapa bilang kita enggak bisa?"

Baca juga: KKB Papua Siapkan Aksi Balas Dendam, Sebby Sambom Bocorkan Rencana Mutilasi Prajurit TNI

"Bangsa ini bangsa besar, karena itu pasti berjiwa besar menyelesaikan masalah (kekerasan di Papua) ini," tutur Taufan.

Kasus Mutilasi Simpatisan KKB Papua

Halaman
123

Berita Terkini