Berita Manggarai Timur

Bupati Agas Andreas Optimis Kawasan Kebun Kopi Kelihatan Daya Gunanya Tahun 2023. 

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pencanangan Gerakan Tanam Kopi Arabika Di Manggarai Timur.

Bupati Agas Andreas Optimis Kawasan Kebun Kopi Kelihatan Daya Gunanya Tahun 2023. 

POS-KUPANG.COM | BORONG---Kabupaten Manggarai Timur sebagai bagian integral dari wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki potensi sumber daya alam yang cukup besar dan tersebar di 12 kecamatan.

Salah satu sektor yang sangat menjanjikan adalah sektor perkebunan khususnya kopi. Komitment pengembangan dan perluasan areal perkebunan kopi di Manggarai Timur, sebagai kabupaten penghasil kopi terbaik di dunia, terus dilakukan oleh pemerintah daerah. 

Untuk itu, Pemda Manggarai Timur bekerja sama dengan Keuskupan Ruteng sudah menyediakan lahan menjadi kebun contoh untuk tanaman kopi Arabika seluas 10 hektar di Lembaga Pengembangan Usaha Tani (LPUT) Mano, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur.

Di lahan ini juga telah dilakukan Pencanangan Gerakan Tanam Kopi Arabika Dukungan Kementerian Pertanian RI Tahun 2021, Minggu 28 November 2021.

Baca juga: Kombas Maumere Selamatkan Pantai Paga, Begini Suasananya

Pencanangan itu ditandai dengan penanaman simbolis oleh Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH.,M.Hum, anggota Komisi IV DPR-RI, Julie Sutrisno Laiskodat dan Vikjen Keuskupan Ruteng, RD Alfons Segar.

Turut hadir dalam kegiatan itu, sejumlah pimpinan OPD, Ketua TP-PKK Kabupaten Manggarai Timur, Ny Theresia Wisang Agas, Direktur BPOPLBF, Shana Fatinah, Pimpinan Bank NTT Cabang  Borong, Nurchalis Tahir, Ketua Kadin Manggarai Timur,  Rikolto  Indonesia, MPIG, Asnikom, para petani kopi, pegiat kopi, koordinator BPP dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Kegiatan pencanangan itu diawali dengan Ibadat Sabda pemberkatan benih yang dipimpin RD Robert Pelita, Pr. Selanjutnya diikuti dengan penanaman simbolis bibit kopi oleh perwakilan tokoh dan lembaga yang hadir. 

Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH, M.Hum, mengaku optimis bahwa kawasan ini akan kelihatan daya gunanya pada tahun 2023. 

"Saya yakin bahwa saat ini Manggarai Timur  sudah on the track terkait pengembangan kopi, meskipun masih banyak hal yang perlu dibenahi. Kita lakukan berbagai cara agar semua pihak menjadi sejahtera dari kopi, khususnya para petani,"ungkap Bupati Agas dalam rilis yang diberikan bagian Prokopim Setda Manggarai Timur, kepada POS-KUPANG.COM, Senin 29 November 2021.

Halaman
12