Kapolres Arianto Ingatkan Jaga Keamanan Saat Pilkades

Penulis: Gerardus Manyela
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

BERI ARAHAN -Kapolres Sumba Barat, AKBP F.X Irwan Arianto memberikan arahan terkait pilkades serentak di Sumba Tengah.

Laporan Wartawan POS KUPANG.COM, Gerardus Manyella

POS KUPANG.COM, WAIKABUBAK -Kapolres Sumba Barat, AKBP FX Irwan Arianto mengingatkan semua pihak agar menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades).

Kapolres Arianto juga mengingatkan agar pelaksanaan pilkades harus jujur dan adil serta transparan, sehingga terciptanya ketentraman, ketertiban serta kenyamanan masyarakat.

Kapolres Arianto menegaskan itu, saat memberikan arahan di Aula Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah.

Hadir pada kesempatan ini Kadis PMD Kabupaten Sumba Tengah, Ahmad Zailani, Kabag Tatapem, Rudianto Umbu Dala, para Camat dan Ketua Panitia Pilkades serta 106 calon kades.

Dalam rilis yang diterima Pos Kupang, Kamis , 28 Oktober 2021, pada arahannya, Kapolres Sumba Barat menyampaikan bahwa rangkaian pemilihan Kepala Desa Serentak yang akan berlangsung di Kabupaten Sumba Tengah sudah dimonitor sejak awal dan akan terus dikawal Polres Sumba Barat hingga akhir.

"Mulai dari awal kami sudah monitor, sejak pengurusan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) di Polres Sumba Barat. Kepada masing-masing calon Kepala Desa yang mengikuti pemilihan Kades serentak 13 November 2021 mendatang agar senantiasa menjunjung tinggi sportifitas dan juga tidak melakukan money politic maupun kecurangan lainnya," pinta Kapolres Arianto.

Semua ini, katanya, karena calon Kepala Desa terpilih akan memimpin masyarakat, jika sudah berlaku curang maka akan berdampak buruk pada kepemimpinan di masyarakat.

"Saya akan tindak tegas bagi semua pihak yang mencoba mengacaukan jalannya proses pemilihan kepala desa yang berlangsung," tegas Kapolres Arianto.

Kapolres Sumba Barat juga berpesan kepada para panitia penyelenggara yang terlibat agar tetap jujur dan adil. Jangan ada keberpihakan kepada salah satu calon yang ada.

Hal ini penting karena akan menjadi pemicu terhadap gangguan keamanan, ketertiban dan keamanan masyarakat.

Kepada semua pihak yang mendapati adanya berita atau informasi yang tidak semestinya terkait pelaksanaan pemilihan kepala desa dimaksud, bisa menyampaikan kepada Kapolres melalui nomor handphone (08113061981).

"Ini nomor handphone saya, silahkan sampaikan kepada saya jangan mengambil tindakan atau main hakim sendiri,"harap Kapolres Arianto.

Turut menambahkan arahan, Kadis PMD Kabupaten Sumba Tengah yang menerangkan bahwa, apa yang telah disampaikan Kapolres Sumba Barat agar menjadi pedoman bagi semua dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak yang saat ini berlangsung.

Hal ini sangat berdampak pada keamanan, ketertiban serta keamanan masyarakat agar tetap kondusif.(*)