Laut China Selatan

Angkatan Laut Tidak Yakin Apa yang Ditabrak USS Connecticut di Laut China Selatan, Beijing Tuduh AS

Editor: Agustinus Sape
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

USS Connecticut adalah kapal selam serang cepat kelas Seawolf.

Angkatan Laut Tidak Yakin Apa yang Ditabrak USS Connecticut di Laut China Selatan, Beijing Tuduh AS Menutupi

POS-KUPANG.COM - Angkatan Laut AS masih belum yakin dengan apa yang ditabrak oleh salah satu kapal selam serang paling kuat di Laut China Selatan, ketika penilaian perbaikan berlanjut di Guam, empat sumber yang mengetahui hasil penyelidikan awal mengatakan kepada USNI News minggu ini.

Hingga Selasa sore, objek bawah laut yang merusak bagian depan USS Connecticut (SSN-22) belum ditentukan secara pasti sebagai bagian dari beberapa penyelidikan atas insiden 2 Oktober itu, kata sumber tersebut.

Indikasi awal adalah Connecticut menabrak gunung bawah laut di Laut China Selatan, dua pejabat pertahanan yang akrab dengan pemeriksaan Angkatan Laut terhadap kapal selam mengatakan kepada USNI News, tetapi itu belum dikonfirmasi oleh para penyelidik. Politico pertama kali melaporkan awal bulan ini bahwa kapal itu mungkin menabrak fitur bawah laut.

Cmdr. Cindy Fields, juru bicara Pasukan Kapal Selam, Armada Pasifik AS, mengatakan kepada USNI News bahwa komando tersebut tidak menambahkan apa pun pada pernyataan awalnya tentang apa yang mengenai kapal selam itu.

Dia mengatakan dua investigasi - dewan investigasi keselamatan yang diselenggarakan oleh COMSUBPAC dan investigasi komando yang diawasi oleh Armada ke-7 AS yang berbasis di Jepang - saat ini sedang menyelidiki insiden tersebut.

“Connecticut menabrak objek saat tenggelam pada sore hari 2 Oktober 2021, saat beroperasi di perairan internasional di kawasan Indo-Pasifik,” kata PACFLEET pada 7 Oktober.

Tabrakan pada bagian depan kapal selam serang merusak tangki pemberat kapal selam dan memaksa kapal melakukan perjalanan selama seminggu di permukaan ke Guam, dua pejabat pertahanan mengatakan kepada USNI News minggu ini.

Keempat sumber mengonfirmasi pernyataan publik Angkatan Laut bahwa kompartemen reaktor kapal selam tidak rusak sejak kapal menabrak objek.

Sejak kembali ke Guam, kapal tersebut masih dalam evaluasi untuk lingkup perbaikan oleh Naval Sea Systems Command, personel dari Puget Sound Naval Shipyard dan tender kapal selam USS Emory S. Land (AS-39), Fields mengatakan kepada USNI News, Selasa.

Halaman
12