Berita Ngada

Dinas Kominfo Kabupaten Ngada Usulkan Internet Bagi Desa dan Sekolah

Editor: Kanis Jehola
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ngada, Anastasia Moi Nitu, SE. M.AP

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Dinas Komunikasi dan Informatika ( Dinas Kominfo) Kabupaten Ngada sedang berupaya untuk mengusulkan jaringan internet bagi seluruh desa dan sekolah di wilayah itu. Tahun 2020 lalu, jaringan internet telah terhubung di semua fasilitas kesehatan (faskes).

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ngada, Anastasia Moi Nitu, SE. M.AP, Senin 25 Oktober 2021, mengatakan, pemerintah kabupaten (Pemkab) Ngada secara bertahap mengupayakan agar jaringan internet bisa terkoneksi antar wilayah di daerah itu.

"Memang menjadi kendala karena Ngada bukan daerah 3T sehingga sulit mendapat bantuan pemerintah pusat. Tetapi kami ke kementrian agar pemerintah pusat bisa membantu agar Ngada tidak jadi daerah tertinggal," katanya kepada wartawan di Kupang.

Hasilnya, bantuan kementrian Kominfo melalui BAKTI, masuk ke Ngada yang ditujukan bagi faskes, beberapa sekolah dan kantor penyuluh pertanian.

Baca juga: Peserta Webinar Literasi Digital Ungkap Terima Kasih ke Menkominfo

Selain itu, pemkab Ngada juga bekerja sama dengan provider di daerah setempat untuk memasang tambahan tower sinyal dalam menjangkau daerah yang masuk dalam lemah sinyal.

Ia mengaku, usaha itu dilakukan Pemkab Ngada agar tetap memberikan informasi apapun dari pemkab bagi kepentingan masyarakat. Baginya, UU Keterbukaan Informasi telah mengamanatkan demikian, sehingga pemkab Ngada wajib mengerjakan itu.

Dengan keterseidaan jaringan, diharapakan informasi yang disampaikan pemerintah setempat bisa diterima masyarakat, juga adanya umpan balik dari masyarakat demi pembangunan di Kabupaten Ngada.

Selain itu, Ngada juga memiliki potensi wisata yang sudah menembus nasional bahkan mancanegara. Pemkab, kata Anastasia, berkewajiban menunjang jaringan internet agar wisatawan yang datang bisa menikmati wisata tanpa harus mengeluhkan jaringan internet.

Pemkab Ngada saat ini sedang menyiapkan icon wisata baru yakni lapangan Kartini. Nantinya, lapangan ini dilengkapi dengan fasilitas bagi wisatawan lengkap dengan jaringan internet gratis.

Halaman
123