Berita Kota Kupang

Warga Binaan di Lapas Klas II A Kupang Terima Vaksin Tahap Dua 

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Warga binaan di Lapas Klas II A, mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap 2 di Lapas Klas II A Kupang, Sabtu 16 Oktober 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANG--Rumah Sakit (RS) Siloam Kupang melalukan  vaksinasi Covid-19 dosis II atau tahap dua kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Kupang.

Vaksinasi ini juga bertujuan mendukung Pemerintah Kota Kupang dalam percepatan vaksinasi.

Vaksinasi ini berlangsung di Lapas Klas II A Kupang, Sabtu 16 Oktober 2021. Pemberian vaksin yang sama yakni tahap pertama itu berlangsung pada 18 September 2021 lalu.

Vaksinasi dosis dua kenis Sinovac ini diberikan kepada 267 orang.

Head of Marketing RS. Siloam Kupang, Iin Harun  mengatakan,  vaksin yang diberikan di lapas itu adalah vaksin jenis sinovac.

Baca juga: Vaksin Dosis II di Kota Kupang Sudah 51,37 Persen

"Kita membantu warga binaan di Lapas Klas II A Kupang untuk mendapatkan vaksin dosis II ini, karena sebelumnya juga kami sudah berikan vaksin dosis pertama," kata Iin.

Menurut Iin,  RSU Siloam sendiri sudah melakukan serangkaian layanan vaksinasi tahap I kepada sejumlah sekolah maupun kampus selain di Lapas Kelas II A Kupang.

Lapas Kupang menjadi sasaran awal penyuntikan vaksin sinovac tahap II, dan akan terus berlanjut hingga akhir bulan dengan menyasar sejumlah sekolah di Kota Kupang.

“Total dosis yang disediakan RS Siloam Kupang 7000 dosis pertama dan 7000 dosis kedua. Dari jumlah dosis pertama, sebanyak 5100 dosis sudah disuntikan sedangkan untuk dosis kedua dalam proses pemberian," katanya.

Baca juga: Sumba Timur Masuk Lima Wilayah Prioritas Pengurangan Kemiskinan Ekstrem di NTT

Dijelaskan, untuk pendaftaran bisa dilakukan secara online bisa melalui via aplikasi mysiloam 
dan dapat didownload melalui app store atau google play store.

Sedangkan syarat dan ketentuan penerima vaksin,usia 12 tahun ke atas, penyintas Covid-19 harus lebih dari tiga bulan setelah dinyatakan telah sembuh, ibu hamil 13 minggu ke atas dan dalam kondisi sehat.

Koordinator kegiatan dari RS. Siloam Kupang, Mauritius A. Sikone, mengatakan bahwa vaksin yang diberikan vaksin Sinovac.

Upaya vaksinasi ini dilakukan untuk membentuk herd immunity warga lapas agar terhindar dari Covid-19.(*)

Berita Kota Kupang Terkini