Berita Ende

Dua Warga Ende Daftar Kerja di Jerman Gaji Rp. 30 Juta

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Rosalina Woso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kadis Nakertrans Kabupaten Ende, Kapitan Lingga di Kantor DPRD Kabupaten Ende, Kamis 14 Oktober 2021.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oris Goti

POS-KUPANG.COM, ENDE -- Dua warga Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah mendaftar untuk bekerja di negara Jerman.

Peluang kerja perawat ke Jerman ini merupakan program Government to Government (G to G) antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Jerman.

"Untuk sementara ada dua warga Ende yang sudah mendaftar untuk bekerja di sana (Jerman)," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ende, Kapitan Lingga, Kamis 14 Oktober 2021 di Kantor DPRD Ende.

Kapitan diwawancarai usai dirinya mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPRD Kabupaten Ende.

Dia menguraikan proses pendaftaran dan seleksi dilakukan secara online langsung ke pihak Kementrian Ketenagakerjaan.

Baca juga: Ende Kehilangan PAD Ratusan Juta dari Pengujian Kir, Mustaqim Tegaskan Soal Ini

Kapitan mengatakan warga yang berminat untuk bekerja di Jerman bisa ke Kantor Nakertrans Kabupaten Ende, untuk diberi petunjuk. "Kita juga akan lakukan pendataan," ujar Kapitan.

Selain ke Jerman, program G to G juga membuka peluang kerja perawat ke Jepang, namun sampai saat ini, kata Kapitan, belum ada yang berminat kerja di Jepang.

Posisi yang dibutuhkan di Jerman antara lain, unit perawat intensif, perawat geriatri, bangsal umum, bangsal medis dan bedah, ruang operasi, neurologi, ortopedi dan bidang terkait psikiatri, bangsal anak dan neonatal.

Syarat calon pekerja antara lain, Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun per 1 Oktober 2021, lulus dari lembaga terakreditasi, D3, D4 atau S1 keperawatan.

Baca juga: Jenderal Epi Siapkan Satu Paket Tour Wisata ke Vietnam bagi Peraih Emas Kempo PON Papua

Selain itu, memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) perawat yang masih berlaku dan bersedia mengikuti pelatihan Bahasa Jerman. Sementara gaji per bulan yakni, untuk asisten nurse Rp. 25. 766. 325 juta dan nurse, Rp. 31. 367.700 juta. (*)

Berita Ende Terkini