KKB Papua

Fakta Terbaru di Papua, Kiwirok Kosong, Satu Per Satu Warga Pilih Mengungsi, Kemana? Ini Jawabannya

Editor: Frans Krowin
Tenaga kesehatan korban insiden Kiwirok dievakuasi dengan helikopter ke Jayapura. Evakuasi para tenaga kesehatan itu dilakukan pada Jumat 17 September 2021.

POS-KUPANG.COM – Wakil Bupati Pegunungan Bintang atau Wabup Pegubin, Piter Kalakmabin mengungkapkan fakta terbaru di distrik Kiwirok saat ini.

Dia mengatakan, masyarakat di wilayah tersebut masih ketakutan bahkan trauma atas serangan kelompok kriminal bersenjata di daerah itu.

Apalagi, katanya, sampai sekarang kelompok separatis itu masih melakukan serangkaian tembakan meski dilakukan dari jauh.

Atas kondisi tersebut, katanya, satu per satu warga memilih mengungsi. Mereka mencari tempat yang aman untuk menjalani hidupnya.

"Iya, Kiwirok sekarang ini kosong karena (masyarakat) ketakutan, tapi aparat keamanan sudah siaga di sana dan kami juga sudah kirim logistik," ujarnya kepada wartawan, Jumat 24 September 2021.

Tentang situasi terkini Kiwirok tersebut, dibenarkan oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Papua, Kombes Faizal Ramadhani.

Baca juga: Takut Diserang KKB Papua, Dua Guru Ini Minta Dievakuasi Dari Kiwirok ke Jayapura, Begini Respon TNI

Dia mengatakan, hingga saat ini situasi di Distrik Kiwirok belum aman. Kelompok kriminal bersenjata atau KKB masih melepaskan tembakan meski hanya dari jauh.

"Masih ada tembakan. Mereka masih mengganggu tapi hanya dari jauh," ujar Faizal Ramadhani.

Meski demikian, lanjut dia, saat ini situasi di Kiwirok mulai membaik. Ini terjadi setelah puluhan anggota Satgas Nemangkawi dikerahkan ke tempat itu.

Bahkan, setelah pasukan aparat keamanan tiba di Kiwirok, situasi yang sebelumnya labil, kini praktis lebih aman.

Halaman
123