Berita NTT

Program Langit Biru Hadir di NTT, Pertamina Ajak Konsumen Isi BBM Berkualitas

Editor: Gordy Donofan
Sebuah SPBU di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi salah satu kebutuhan primer masyarakat terutama bagi mereka yang memiliki kendaraan bermotor roda dua, empat, maupun lebih.

Selain itu, BBM juga menjadi energi penggerak roda perekonomian negara karena dibutuhkan hampir di seluruh sektor.

Sebagai BUMN sekaligus badan usaha penyalur BBM yang ditunjuk oleh pemerintah, PT Pertamina (Persero) melalui Sub Holding Commercial & Trading yaitu PT Pertamina Patra Niaga memiliki kewajiban mendistribusikan salah satu bentuk energi tersebut hingga ke pelosok negeri.

Seiring perkembangan teknologi, kebutuhan akan BBM yang berkualitas semakin dibutuhkan agar emisi kendaraan menjadi lebih baik dan kualitas udara menjadi lebih bersih.

Baca juga: Hari Pelanggan Nasional, Pertamina Patra Niaga Berikan Apresiasi kepada Konsumen di Jatimbalinus

Menurut Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina di wilayah Marketing Region Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (Jatimbalinus), Deden Mochammad Idhani, Pertamina menjawab tantangan tersebut salah satunya dengan inisiasi program bernama “Langit Biru”.

“Program langit biru merupakan salah satu bentuk promo sekaligus edukasi kepada konsumen untuk memilih BBM sesuai kebutuhan kendaraan sekaligus membuat udara menjadi lebih bersih. Dalam program ini, Pertamina memberikan potongan terhadap produk Pertalite,” ujar Deden dalam siaran pers yang diterima POS-KUPANG.COM Jumat 17 September 2021.

Deden menyebutkan Program langit biru juga sejalan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan no.20 tahun 2017 mengenai emisi gas buang kendaraan.

“Dalam aturan tersebut, ditekankan bahwa penggunaan bahan bakar minyak harus sesuai dengan standar emisi gas buang untuk meminimalisir pencemaran udara. Salah satu penekanannya adalah penggunaan BBM dengan angka oktan (RON) minimal 91,” ujar Deden.

Ia menyebutkan untuk wilayah Nusa Tenggara Timur, Pertamina Patra Niaga menghadirkan program langit biru di 34 titik SPBU yang tersebar di 9 Kabupaten di NTT.

Baca juga: Memasuki Ramadan, Berikut Kesiapan Pertamina di Jatimbalinus

“Diharapkan dengan adanya program ini konsumen menjadi lebih paham mengenai pentingnya kesesuaian spesifikasi BBM dengan kendaraan agar mesin menjadi lebih awet, pembakaran lebih sempurna dan udara menjadi lebih bersih,” harap Deden.

Halaman
12