Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Kamis 29 Juli 2021: Jaring

Editor: Agustinus Sape
Pater Steph Tupeng Witin SVD

Renungan Harian Katolik Kamis 29 Juli 2021: Jaring (Mat 13: 47-53)

Oleh: Pater Steph Tupeng Witin SVD

POS-KUPANG.COM - Tuhan Yesus menyatakan bahwa Kerajaan Sorga laksana pukat. Orang sering menyebut kata lain dari pukat adalah jaring.

Pukat atau jaring itu merupakan rajutan atau anyaman dari tali yang membentu lubang-lubang berukuran kecil yang membentuk satu kesatuan.

Dalam bahasa Inggris kata jaring adalah “net”. Dari kata jaring kita mengenal kata “jejaring” yang dalam bahasa Inggris disebut “networking".

Dalam sebuah organisasi misalnya, jaringan adalah suatu sistem yang terdiri dari banyak elemen yang di dalamnya saling berhubungan, saling komunikasi satu sama lain.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Kamis 29 Juli 2021: Pukat

Fungsi jaring atau pukat adalah menangkap dan mengumpulkan. Mengumpulkan sama dengan mempersatukan. Melalui pukat yang dilabuhkan atau ditebar di laut, berbagai jenis ikan ditangkap, dikumpulkan, disatukan.

Memang di dalam perumpamaan Yesus tentang pukat, kiblat akhirnya adalah pengadilan terakhir bagi semua manusia setelah dunia ini berlalu.

Manusia disimbolkan dalam perumpanaan itu sebagai “ikan” yang menjalani proses pemisahan pada waktunya.

Proses pemisahan itupun dilakukan setelah semua ikan dikumpulkan di tepi pantai. Pemisahan itu dilakukan setelah proses mengumpulkan semua ikan untuk “diteliti” mana ikan yang baik dan mana ikan yang kurang baik. Ikan yang baik akan dikumpulkan dalam satu tempat (pasu). Ikan yang kurang baik dibuang.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Kamis 29 Juli 2021: Amici Dei: Sahabat Allah

Halaman
1234