Berita Timor Leste

Pengangguran di Timor Leste Sangat Tinggi, Para Pemuda Nekat Pindah ke Negara Ini, Negara Apa?

Editor: maria anitoda
Padahal menurut analisis dari Sensus Penduduk dan Perumahan Timor-Leste terbaru, pemuda yang berusia antara 15 hingga 24 tahun merupakan 20 persen dari total populasi di Timor Leste pada 2015.

Pengangguran di Timor Leste Sangat Tinggi, Para Pemuda Nekat Pindah ke Negara Ini, Negara Apa?

POS-KUPANG.COM – Timor Leste atau secara resmi bernama Republik Demokratik Timor Leste yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, adalah sebuah negara pulau di Asia Tenggara.

Negara ini berada di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor.

Selain itu wilayah negara ini juga meliputi pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan eksklave Oe-Cusse Ambeno di Timor Barat.

Timor Timur dijajah oleh Portugal pada abad ke-16, dan dikenal sebagai Timor Portugis sampai 28 November 1975, ketika Front Revolusi Kemerdekaan Timor-Leste (FRETILIN) mengumumkan kemerdekaan wilayah tersebut.

Baca juga: Tak Hanya Beri Pinjaman ke Negara, Terbongkar!  Ada 4.000 Warga China Pindah ke Timor Leste

Sembilan hari kemudian, Indonesia melakukan invasi dan kemudian menganeksasi Timor Timur.

Timor Timur dinyatakan sebagai provinsi ke-27 oleh Indonesia pada tahun berikutnya. Pendudukan Indonesia di Timor Timur ditandai oleh konflik yang sangat keras selama beberapa dasawarsa antara kelompok separatis (khususnya FRETILIN) dan militer Indonesia.

Dulu nama mereka adalah Timor Timur. Namun pada tahun 1999, warga Timor Leste mengadakan jajak pendapat atau referendum.

Hasilnya lebih dari 50% warganya ingin merdeka dan melepaskan diri dari Indonesia. PBB pun mendukung referendum tersebut.

Baca juga: Timor Leste Diprediksi Seperti Ini 10 Tahun Lagi, Xanana Gusmao Sebut Simpan Uang di Bank New York

Secara resmi, negara ini memerdekakan diri dan menjadi negara baru pada 20 Mei 2002 atau 18 tahun yang lalu. 

Halaman
1234