Badan Kehormatan Akan Ketemu Ketua DPRD Kota Kupang Bahas Kelanjutan Sidang LKPJ

Ketua BK DPRD Kota Kupang, Zeyto Ratuarat (tengah), anggota BK Djuneidi Kana (kiri) dan Thobia Pandie (kanan). 

Badan Kehormatan Akan Ketemu Ketua DPRD Kota Kupang Bahas Kelanjutan Sidang LKPJ

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Kupang segera berkoordinasi dengan pimpinan DPRD Kota Kupang untuk meminta surat rapat Badan Musyawarah (Banmus) untuk kembali menyusun agenda atau jadwal persidangan dengan Agenda LKPJ Wali Kota Kupang tahun 2020.

Informasi ini sampikan, Ketua BK DPRD Kota Kupang, Zeyto Ratuarat, didampingi anggota Badan Kehormatan, Djuneidi Kana dan Thobia Pandie, Selasa 11 Mei 2021 di ruang BK DPRD. 

Ia menjelaskan, terdapat dua laporan yang masuk di BK DPRD Kota Kupang, yakni laporan dari RT dan LPM Kelurahan Naikoten I, terhadap anggota DPRD, Siqvrid Basoeki, dan laporan terkait mosi tidak percaya kepada ketua DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe.

Baca juga: Sidang LKPJ Walikota di DPRD Kota Kupang Belum Bisa Dilanjutkan, Kenapa? Ini Alasannya

Dikatakannya, materi yang dilaporkan oleh anggota DPRD yang melayangkan mosi tidak percaya, saat ini sementara dilakukan pembahasan bersama staf Badan Kehormatan, agar memenuhi unsur terhadap pengaduan yang diajukan, Sesuai dengan pasal 4 kode etik DPRD kota Kupang.

"Unsur pengaduan yang harus dilengkapi yaitu biodata, dan identitas lengkap, untuk memenuhi unsur tata cara pengaduan. Sesuai dengan tata cara pengaduan, waktu yang diberikan minimal 5 hari untuk melakukan verifikasi terhadap materi aduan," jelasnya.

pose bersama anggota DPRD kota Kupang usai membacakan mosi tidak percaya terhadap ketua DPRD Yesikel Loudoe.   (Keterangan foto: Irfan Hoi/)

Menurutnya, surat mosi tidak percaya tersebut masuk ke BK pada tanggal 7 Mei kemarin,  dan waktu verifikasi 5 hari kerja, jadi saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi administrasi, untuk  menentukan laporan ini sah atau tidak.

Baca juga: Anggota DPRD Kota Kupang Nilai Pemkot Kupang Getol Tangani Pemudik Tapi Loyo Kontrol Ini

Ia mengungkapkan, jika laporan yang diterima sudah dinyatakan lengkap, BK  segera memproses sebagaimana mestinya.

Zeyto juga memebeberkan, pada Rabu tanggal 12 Mei 2021 mendatang, BK akan bertemu dengan pimpinan DPRD untuk diskusi dan menyampaikan hal ini kepada pimpinan, agar persidangan bisa kembali berjalan.

Selain itu, sesuai dengan laporan terhadap anggota yang telah diputuskan bersama, BK juga akan memanggil ketua LPM, RT dan RW Naikoten I, terkait dengan laporan terhadap salah satu anggota DPRD Siqvrid Basoeki, karena laporannya dianggap lengkap.

Halaman
12

Berita Populer