Kanal

Renungan Kristen Protestan, 10 Desember 2019: Karya Tuhan tak Bisa Dihambat

Pdt. Gusti Menoh, M.Hum - Istimewa

Karya Tuhan tak Bisa Dihambat
Renungan Kristen Protestan, 10 Desember 2019
Oleh : Pdt. Gusti Menoh, M.Hum., Pendeta GMIT.

Keluaran 1: 1-22
Rasa terancam dengan kehadiran orang lain itu sesuatu yang alami. Mengapa? Thomas Hobbes, Filsuf abad 17 mengatakan bahwa dalam diri manusia ada self-interest (kepentingan diri) yang selalu ingin dilindungi.

Self-interest itu menyangkut rasa aman (keamanan diri), kebutuhan-kebutuhan hidup, dan terhindar dari ancaman dan bahaya.

Karena kepentingan diri itu, manusia menjadi egois, dan selalu memandang orang lain sebagai saingan yang harus ditakhlukan. Orang lain dilihat sebagai ancaman terhadap kepentingan dirinya.

Karena itu, dalam kenyataan orang membangun benteng pertahanan diri, menumpuk harta, membuat batas-batas diri berhadapan dengan orang lain (tidak mau berbagi), sambil cenderung resisten (menolak) kehadiran orang lain.

Namun kita tak bisa menghindari perjumpaan dengan orang lain.

Dalam pergaulan sehari-hari, kadang kita terpaksa berada di suatu lingkungan asing, entah karena masalah pekerjaan atau apa, lalu kita jadi kuatir dan takut, apalagi bila kita minororitas ditempat itu.

Dalam lingkungan masyarakat, kehadiran tetangga yang baru, kadang membuat kita cemas dan curiga terhadap mereka. Kita kuatir bila mereka bertambah banyak dan kita menjadi minoritas.

Kita takut bila kita menjadi minoritas dalam segi agama, suku, etnis, kelas sosial, budaya, dan seterusnya.

Apa yang kemudian kita lakukan? Kalau kita dalam posisi lemah, tak punya kuasa, biasanya kita diam dan pasrah dalam ketakutan.

Halaman
1234
Penulis: Ferry Jahang

6 ABG Jual Diri Seharga Rp600 Ribu, Alasan karena Kehabisan Uang Seusai Berlibur

Berita Populer