KKB Papua

Pangkostrad Maruli Simanjuntak Nekat Masuk Sarang KKB Papua

Pangkostrad Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak nekat masuk sarang Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua.

Editor: Alfons Nedabang
KOMPAS.com/HO-HUMAS KOSTRAD
Pangkostrad Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak menemui Pasukan Tengkorak di Kampung Mamba dan Kampung Zoambili, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Kamis 2 Maret 2023. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Pangkostrad Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak nekat masuk sarang Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua.

Pangkostrad Maruli Simanjuntak menyambangi Kampung Mamba dan Kampung Zoambili, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Kamis 2 Maret 2023.

Kampung Mamba dan Kampung Zoambili sempat berstatus zona merah karena sebelumnya dikuasai KKB Papua.

Kunjungan kerja itu juga di tengah kian membaranya konflik bersenjata setelah KKB Papua kembali berulah dengan menembaki tiga personel Kodim 1715/Yahukimo di Kilometer 4 Jalan Paradiso Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, Rabu 1 Maret 2023.

Akibatnya, satu prajurit TNI gugur dan dua lainnya mengalami luka tembak.

Pangkostrad Maruli Simanjuntak menemui 'Pasukan Tengkorak'. Kehadiran jenderal bintang tiga TNI Angkatan Darat tersebut disambut langsung oleh Pasukan Tengkorak dari Satuan Tugas Batalion Infanteri Para Raider 305/Tengkorak Divisi Infanteri I di bawah pimpinan Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila.

Baca juga: Personel Polres Lanny Jaya Sita 8 Handy Talky, Diduga untuk KKB Papua Egianus Kogoya

Kepada Pasukan Tengkorak, Maruli Simanjuntak mengatakan, prajurit TNI dan Polri yang ditugaskan di wilayah Papua mengemban amanat untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Dengan begitu, pembangunan yang bertujuan menyejahterahkan masyarakat dapat terlaksana dengan baik. "Tugas kami yang utama, mengamankan pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat," kata Maruli dalam siaran pers Penerangan Kostrad, dikutip Kompas.com, Senin (6/3/2023).

"Di luar tugas-tugas tersebut, kami juga melakukan mengerjakan hal-hal secara swadaya, seperti taman bermain, serta jaringan air bersih, sehingga masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan. Mudah-mudahan ini dapat mempercepat proses pembangunan," sambung dia.

Pada kunjungan ini, Maruli Simanjuntak meninjau sekaligus meresmikan penggunaan sarana air bersih yang telah selesai dikerjakan oleh prajurit Batalion Infanteri Para Raider 305/Tengkorak bersama warga di perkampungan tersebut.

Selain itu, Maruli Simanjuntak menyempatkan hadir di peternakan ikan lele untuk masyarakat serta pembangunan gereja yang dikerjakan oleh para prajurit Batalion Infanteri Para Raider 305/Tengkorak.

Setelah bertemu Pasukan Tengkorak, Maruli Simanjuntak selanjutnya menemui prajurit dari Satgas Batalion Infanteri Raider 303/Setia Sampai Mati yang berada di bawah Divisi Infanteri 1 Kostrad di Puncak Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Sabtu 4 Maret 2023.

Diketahui, Puncak Ilaga pernah menjadi basis simpatisan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Dalam kunjungan ini, Maruli Simanjuntak menyerahkan bantuan lampu solar sell untuk membantu masyarakat guna penerangan di wilayah Ilaga.

Selain itu, Maruli Simanjuntak juga memberikan puluhan sembako kepada masyarakat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Kostrad pada hari ini, 6 Maret 2023.

Sebanyak 100 solar sell diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan di kampung Kelanoin, Distrik Ilaga.

"Kami berikan lampu solar sell, kemudian rencana kedepan pompa hidrant yang di mana merupakan salah satu tugas kami dalam membantu mendukung pembangunan wilayah Papua," ungkap Maruli Simanjuntak. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Kompas.com
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved