Berita Nasional

TNI AL Tangkap Perwira Bintang 1 Gadungan di Bandung, Modus Untuk Tipu Wanita

Pihak TNI AL menangkap pria yang merupakan perwira tinggi TNI AL gadungan berpangkat laksamana pertama.

Editor: Ryan Nong
KOMPAS.COM/Dispenal
Polisi Militer Angkatan Laut menangkap perwira tinggi TNI AL gadungan berpangkat laksamana pertama berinisial MM di depan kantor PNM Bonong Mekar, Cipendey, Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (31/1/2023). 

TNI AL Tangkap Perwira Bintang 1 Gadungan di Bandung, Modus Untuk Tipu Wanita

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Pihak TNI AL menangkap pria yang merupakan perwira tinggi TNI AL gadungan berpangkat laksamana pertama.

Penangkapan oleh Polisi Militer Angkatan Laut terhadap pria berinisial MM itu dilakukan di depan kantor PNM Bonong Mekar, Cipendey, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (31/1/2023).

Pihak TNI AL menyebut, terungkapnya perwira bintang 1 gadungan itu bermula dari ditemukannya video pada aplikasi TikTok.   

"Terungkapnya kasus ini bermula saat ditemukannya akun TikTok yang beberapa kali memuat video seorang laki-laki yang menggunakan seragam TNI AL dengan pangkat laksamana pertama TNI," ujar Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut Brigadir Jenderal (Mar) I Made Wahyu Santoso, dikutip dari siaran pers Dispenal sebagaimana dilansir Kompas.com, Rabu (1/2/2023).

Wahyu menjelaskan, penangkapan ini berawal dari tim polisi militer yang menelusuri jejak pergerakan kendaraan milik MM di Perumahan Tarum Barat, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Senin (30/1/2023).

Sesampainya di lokasinya, petugas mendapatkan informasi bahwa kendaraan tersebut diberikan oleh MM untuk digunakan saudaranya yang beralamat di Telaga Pesona, Cikarang.

Selanjutnya, petugas menuju lokasi saudara MM. Di lokasi kedua ini, petugas mendapatkan informasi mengenai keberadaan dan nomor telepon MM.

"Selanjutnya dilakukan cek posisi dan didapat pelaku berada di daerah Cikalong, Kabupaten Purwakarta," terang Wahyu.

Baca juga: Hobi Peras Pacar, Kedok Polisi Gadungan di Bangkalan Dibongkar, Kini Mendekam di Bui

Setelah memperoleh informasi yang tepat, tim gabungan mencari keberadaan MM di daerah Cikalong dan Waduk Cirata guna melaksanakan penyelidikan dan penangkapan.

Keesokan harinya, Selasa (31/1/2023), tim gabungan menangkap pelaku yang sehari-hari bekerja sebagai wiraswasta di depan kantor PNM Bonong Mekar, CipendeyKabupaten Bandung Barat.

Dari penangkapan ini, petugas mendapatkan barang bukti berupa baju dan celana pakaian dinas harian (PDH).

PDH tersebut dilengkapi dengan pangkat laksamana pertama atau perwira tinggi bintang satu TNI AL, brevet dan tanda jasa, kalung dan lencana Badan Intelijen Negara (BIN), KTP, dan telepon genggam.

Baca juga: Unit Jatanras Polres Ende Bekuk Seorang Polisi Gadungan Asal Tasikmalaya

"Pelaku mengaku membuat baju dan membeli atribut TNI AL serta tanda lencana BIN di Pasar Senen, Jakarta Pusat atas keinginan sendiri," ujar Wahyu.

Wahyu mengatakan, modus MM menyamar menjadi laksamana pertama gadungan tak lain untuk menipu dan memikat wanita.

Berdasarkan pengakuannya kepada petugas, MM telah melakukan hubungan badan dengan tiga wanita berbeda.

"Setelah melaksanakan penyelidikan dan pemeriksaan selanjutnya pelaku akan dilimpahkan ke pihak berwajib yakni Mabes Polri," imbuh Wahyu. (*)

Berita ini telah tayang di KOMPAS.COM

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved